free page hit counter
Sat. Sep 21st, 2019

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Petinggi BP Batam Dikabarkan Ikut KTT G-20 di Jepang, Inikah Tujuannya?

1 min read
suasana gerbang kawasan industri Batamindo di Batam. Petinggi BP Batam dikabarkan ke Osaka, Jepang selama KTT G-20 melobi peluang investasi/foto via south china morning post via asiaone.com

Petinggi BP Batam Dikabarkan Ikut KTT G-20 di Jepang, Inikah Tujuannya?

angkaberita.id – Ajang KTT G-20 di Osaka, Jepang agaknya bakal dimanfaatkan Badan Pengusahaan Batam menggenjot investasi di pusat pertumbuhan Provinsi Kepri ini.

Termasuk memuluskan rencana Pegatron Corporation memindahkan produksinya ke Batam, dalam waktu dekat. Pegatron sendiri merupakan penyuplai terbesar pabrikan Apple. Diduga relokasi pabrik ini menghindari tekanan perang dagang Amerika Serikat dengan China.

Seperti dilansir AsiaOne, Jumat (28/6/2019) dari harian South China Morning Post, investasi senilai 40 juta dolar Amerika bakal dikucurkan buat relokasi itu. Dengan memindahkan sejumlah pembuatan komponen dari pabrikan di China ke Batamindo di Batam.

Industri teknologi memang paling terdampak akibat perang dagang itu. Batam diyakini ingin menangkap peluang itu dengan memposisi diri sebagai lokasi pabrikan alternatif dan pengapalan.

Badan Pengusahaan Batam hadir di Osaka demi menggenjot peluang investasi sekaligus mendorong kembali pertumbuhan ekonomi yang terseok-seok beberapa tahun terakhir.

Berdasar catatan, nilai investasi asing ke Batam paruh pertama 2018 hanya setengah dari nilai investasi periode sebelumnya. Sektor manufaktur masih menjadi andalan dengan 50 persen di antaranya berasal pabrikan produk elektronik. (*)

Bagikan