free page hit counter
Fri. Nov 15th, 2019

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Fakta Dunia: Asia Benua Terpadat, Afrika Paling Banyak Negara

2 min read
benua asia merupakan benua terpadat di dunia, sedangkan afrika merupakan benua paling banyak jumlah negaranya/foto via globe.gov

Fakta Dunia: Asia Benua Terpadat, Afrika Paling Banyak Negara

angkaberita.id – Setiap pelajaran geografi, Anda bakal dikenalkan dengan istilah seperti benua, populasi, negara dan sebagainya. Secara umum, dunia memiliki lima benua, yakni Asia. Kemudian Afrika, Eropa, Amerika dan Australia.

Namun di sebagian dunia lainnya, jumlah benua disebut ada tujuh, dengan perincian Asia, Eropa, Afrika. Kemudian Amerika Utara dan Amerika Selatan serta Australia/Oseasia dan Antartika.

Bedanya hanya di Amerika, sebagian menjadikan satu menjadi benua Amerika, sebagian lainnya memisahkan sebagai Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Nah, terlepas dari kondisi itu, tahukah Anda benua mana paling padat penduduknya dan banyak jumlah negaranya? Merujuk laman worldatlas, per 2016, benua terpadat ialah Asia. Sedangkan benua paling banyak jumlah negaranya adalah Afrika.

Mulai dengan benua terpadat penduduknya. Benua Asia di urutan pertama dengan jumlah penduduk sebanyak 4,298 miliar jiwa lebih. Artinya 4 dari 7 penduduk dunia berdiam di Asia.

benua afrika paling banyak memiliki negara dibanding empat benua lainnya/foto via hobbycraft.co.uk

Benua Afrika menyusul di urutan kedua dengan jumlah penduduk sebanyak 1,110 miliar jiwa. Urutan ketiga ialah Amerika, sebanyak 971 juta jiwa lebih, terdiri 565.265.000 jiwa berdiam di Amerika Utara, selebihnya di Amerika Selatan.

Eropa menyusul di urutan ke-4 dengan jumlah penduduk sebanyak 742.452 .000 jiwa. Australia dan Oseania alias Pasifik mengunci di posisi ke-5 dengan jumlah penduduk sebanyak 38.304.000 jiwa.

Lalu siapa menyusul Afrika sebagai benua dengan jumlah negara terbanyak. Merujuk sumber sama, Afrika bertengger di urutan pertama dengan jumlah negara sebanyak 54.

Benua Eropa menyusul di urutan kedua dengan negara berjumlah 47 entitas. Baru kemudian benua Asia dengan jumlah negara 44. Benuar Amerika di urutan ke-4, jumlah negaranya sebanyak 35 entitas, termasuk 23 di antaranya berada di Amerika Utara.

Amerika Utara mencakup Amerika Serikat dan Kanada, Meksiko dan sejumlah negara Amerika Tengah lainnya serta Karibia. Australia dan Oseania mengunci di urutan ke-5 dengan jumlah negara sebanyak 14, sudah termasuk Australia dan Selandia Baru. (*)

Bagikan