Tue. Apr 23rd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Bakal Ada Kapal Tanker BBM Khusus Layani Nelayan di Zona Penangkapan Ikan Natuna

1 min read

pemerintah bakal menyediakan kapal tanker khusus melayani bahan bakar minyak (bbm) khusus nelayan di perairan natuna. pemerintah juga menyiagakan patroli tni al demi menjaga nelayan melaut di tapal batas negeri/foto Totok Wijayanto/Kompas vis Kompas.com

angkaberita.id –Tak hanya menerjunkan patroli TNI Angkatan Laut, pemerintah juga bakal menyediakan kapal tanker khusus menyediakan bahan bakar minyak ke nelayan yang melaut di zona penangkapan ikan di Natuna, Kepri.

Sehingga tidak perlu bolak-balik ke darat mengisi bahan bakar minyak. Pengawalan TNI dimaksudkan melindungi nelayan saat melaut sekaligus mempertegas kedaulatan Indonesia di zona kaya ikan dari penerabasan nelayan asing.

Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Pandjaitan mengungkapkan, pemerintah juga tengah merencanakan pengembangan wilayah penangkapan ikan di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) di Natuna Utara dengan pengawalan khusus TNI.

“Dengan demikian, tidak ada nanti negara yang mengklaim bahwa itu adalah traditional fishing zone-nya,” tegas Luhut dalam konferensi pers, Rabu (20/2/2018) seperti dilansir laman situs bisnis.com, Rabu (20/2/2019).

Luhut menambahkan, selain kehadiran militer juga disediakan kapal tanker khusus di tengah lautan itu. Fungsi mamasok bahan bakar ke nelayan.

Selain pengawalan militer dan kapal tanker, pemerintah menurut Luhut juga akan menyediakan fasilitas penunjang lainnya. Seperti pasar ikan, unit pengolahan ikan, gudang pendingin dan sebagainya di lokasi ini.

“Kita buat terintegrasi sehingga mereka [nelayan] nyaman. Sampai kita berfikir untuk membuat asrama mereka di sana,” janjinya. Harapannya produksi ikan Indonesia, khususnya di Natuna meningkat. Sedangkan programnya direncanakan berjalan kuartal ketiga tahun ini. (*)

Bagikan