Fri. Jul 19th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Sebaiknya Anda Tahu, Inilah 7 Pemicu Tumbuh Uban Lebih Cepat di Kepala. Faktor Obama?

2 min read

kondisi rambut presiden amerika, barack obama sebelum dan sesudah beruban/foto Jim Young, Kevin Lamarque/Reuters via cbc.ca

angkaberita.id – Tua dan beruban merupakan suatu fenomena alamiah. Hanya, kadang sebagian orang muncul lebih cepat dan sebagian lainnya baru terlihat setelah usia memasuki kepala empat.

Namun berdasar laporan reader’s digest seperti dilansir kompas.com, terdapat sejumlah penyebab tumbuh uban lebih cepat di rambut seseorang.

1. Keturunan

Menurut profesor klinis dermatologi di Pusat Medis Langone University New York Doris Day, factor genetik atau keturunan merupakan pemicunya. Sebuah studi terbit di Nature Communications menemukan satu varian gen terkait dengan uban.

Temuan ini terungkap setelah para peneliti menganalisis rambut 6.000 orang Amerika Latin. Gen tersebut, menurut Day, diturunkan orangtua. Itu persis seperti kebotaka.

2. Memiliki kondisi autoimun

Penyakit kulit autoimun yang disebut alopecia areata dapat menyebabkan rambut seperti beruban. Sebagaimana dijelaskan oleh National Alopecia Areata Foundation (NAAF), orang-orang dengan kondisi ini mengembangkan bercak-bercak kecil, bulat, dan halus di kulit kepala, dan mereka dapat sepenuhnya kehilangan rambut di kepala atau tubuh mereka.

“Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut, membuat rambut kamu rontok. Ketika tumbuh kembali, yang tumbuh adalah warna putih,” jelas Day.

3. Lingkungan tercemar

Polutan dan racun juga disebut dapat menyebabkan kamu lebih cepat beruban. Menurut studi, beberapa bahan kimia menghasilkan radikal bebas—atau stres oksidatif—yang merusak produksi melanin dan mempercepat penuaan rambut.

4. Stres

Ketika kali pertama Presiden Obama menjabat Presiden AS, rambutnya berwarna gelap. Lima tahun kemudian, orang-orang mulai khawatir dia stres.

Sebab rambut Obama benar-benar berubah menjadi abu-abu. Memang, hubungan keduanya kini masih diperdebatkan. Namun, menurut Day, stres akan mempercepat takdir genetik.

Artinya, jika ada gen beruban yang dimiliki, stres dapat membuat rambut kamu menjadi lebih cepat beruban—kecuali jika ada upaya mengelola stres.

5. Terpapar asap rokok

Asap rokok bisa menjadi salah satu penyebab rambut kamu beruban lebih cepat. Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013 menemukan, perokok memiliki peluang 2,5 kali lebih besar untuk memiliki uban dini. Hal ini diduga karena jumlah besar radikal bebas yang dihasilkan.

6. Perubahan hormon

Hormon bisa memengaruhi perubahan rambut dari waktu ke waktu, mulai dari tekstur, kepadatan, hingga warna. “Proses ini mulai paling terlihat ketika berusia 30 tahun,” katanya.

Para ahli masih berusaha memahami dengan tepat bagaimana hormon seperti estrogen, progesteron, dan kortisol memengaruhi munculnya uban.

7. Usia

Anda mungkin tidak siap untuk beruban, tetapi rambut berkata lain. Produksi melanin berkurang seiring bertambahnya usia. Setiap dekade setelah Anda berusia 30 tahun, risiko kamu memiliki uban meningkat 10 hingga 20 persen. (*)

Bagikan