Sat. Apr 13th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Banyak Tokoh Dunia Bertangan Kidal, Inilah Negara Terbanyak Penduduk Bertangan Kidal

2 min read

berdasarkan studi, 90 persen penduduk dunia bertangan kanan, hanya 10 persen bertangan kidal. namun tak sedikit tokoh dunia justru bertangan kidal/foto via idntimes.com

Banyak Tokoh Dunia Bertangan Kidal, Inilah Negara Terbanyak Penduduk Bertangan Kidal

angkaberita.id- Kendati bukan aib, namun terlahir dengan tangan kidal kerap menjadi sasaran perisakan (bullying), bahkan tak jarang jadi target pelecehan dengan pelabelan (stigma) seperti tidak normal. Padahal, banyak orang hebat dan presiden terkenal bertangan kidal. Sebut saja Barack Obama, John F Kennedy dan Bill Clinton di Amerika Serikat.

Di dunia olahraga, kemampuan menggunakan tangan atau kaki kiri bahkan melahirkan keistimewaan sendiri. Di bulu tangkis semisal, dunia pernah dihibur dengan misteri “segitiga bermuda” saat Icuk Sugiarto dari Indonesia, Yang Yang dari China dan Morten Frost Hansen dari Denmark tengah berada di puncak-puncaknya saat itu.

Yang Yang lebih sering mengungguli Icuk Sugiarto, namun kerap keok dari Morten Frost Hansen. Menariknya, kalau berduel melawan Icuk Sugiarto pebulutangkis andalan Denmark, Morten lebih sering mengakui keunggulan wong Solo itu. Sehingga seperti siklus “lingkaran” pertemuan ketiganya.

Dunia juga ternyata tak melulu urusan tangan kanan, bahkan urusan sopir menyopir juga tak sedikit negara mengadopsi sopir di sebelah kiri. Lalu negara manakah di dunia paling banyak warganya bertangan kidal? Suatu kajian mengungkap, sekitar 90 persen penduduknya bertangan kanan. 10 persen selebihnya bertangan kidal.

Terbaru, seperti ditulis Statista, situs web leftyfretz.com mengumpulkan data dan kajian khusus tangan kidal di sejumlah negara meskipun berbeda-beda tahun risetnya, dan menampilkan perbandingannya. Hasilnya, di Eropa semisal, berdasarkan studi di tahun 2009 dari I.C. McManus, terungkap Belanda merupakan negara dengan jumlah kecenderungan warganya bertangan kidal, yakni 13,23 persen.

Amerika Serikat mendampinginya dengan persentase 13,1, Kanada mengekor keduanya dengan 12,8 persen bertangan kidal. Di tempat lainnya, China meskipun Yang Yang bertangan kidal, namun kebanyakan penduduknya bertangan kanan. Angkanya 3,5 persen saja bertangan kidal.

Meskipun demikian, banyak kalangan ahli meyakini jumlah sebenarnya lebih dari itu. Pandangan miring terhadap mereka yang bertangan kidal di China diyakini berada di balik kondisi itu. China sejatinya juga tak sendirian. Berdasarkan laporan Statista mengutip laman situs itu, persentase warganya bertangan kidal 4,70. (*)

Bagikan