Tue. Apr 23rd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Bukan Raja Arab, Ternyata Inilah Bangsawan Terkaya di Dunia: Raja Rama X

2 min read

raja thailand bergelar raja rama x merupakan bangsawan rerkaya di dunia, kekayaannya 80 kali lebih banyak dibanding ratu elizabeth ii, penguasa kerajaan inggris raya sekaligus pewaris bekas imperium terluas di dunia/foto ceoworld via scmp.com

Bukan Raja Arab, Ternyata Inilah Bangsawan Terkaya di Dunia: Raja Rama X

angkaberita.id – Kendati mewarisi negara koloni terluas di dunia, Ratu Elizabeth II dari Inggris ternyata bukanlah bangsawan terkaya di dunia. Sebaliknya Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn merupakan bangsawan terkaya di dunia.

Penguasa kerajaan sekaligus negara yang tak pernah dijajah di dunia, itu kekayaannya jauh di atas bangsawan lainnya di dunia, termasuk para penguasa kerajaaan kaya minyak di timur tengah.

Seperti ditulis South China Morning Post mengutip CEOWorld, Raja Thailand itu memiliki harta sebanyak 43 miliar dolar Amerika. Kekayaan Raja Rama X, gelar resminya, jauh di atas penguasa Kesultanan Brunei Darrusalam, Sultan Hassanal Bolkiah sebesar 28 miliar dolar Amerika sekaligus berada di urutan kedua.

Berdasarkan data 2019, setelah keduanya, Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud Dari Arab Saudi menjadi bangsawan terkaya ketiga di dunia, sebesar 18 miliar dolar Amerika. Selanjutnya Sheikh Khalifa bin Zayed al-Nahyan, Penguasa Abu Dhabi di Uni Emirat Arab dengan perkiraan kekayaan 15 miliar dolar Amerika.

Raja Maroko, Raja Muhammad VI menempel di urutan berikutnya dengan kekayaan 8,2 miliar dolar Amerika. Baru kemudian penguasan tanah eropa, yakni Pangeran Hans-Adam II, Raja Liechtenstein, dengan taksiran kekayaan 7,2 miliar dolar Amerika. Negara ini berlokasi di perbatasan Spanyol dan Prancis.

Selanjutnya Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum, Penguasa Dubai di Uni Emirat Arab, sebesar 4 miliar dolar Amerika. Raja Luxemburg, Grand Duke Henri mengimbanginya dengan kekayaaan sama besar, yakni 4 miliar dolar Amerika.

Penguasa Qatar, Emir Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani, di urutan selanjutnya dengan kekayaan sebanyak 2,1 miliar dolar Amerika. Pangeran Albert dari Monaco berada di urutan berikutnya dengan kekayaan sebesar 1 miliar dolar Amerika. Baru kemudian Ratu Elizabeth II, sang pewaris imperium terbesar di dunia, Inggris Raya di masa jayanya, dengan kekayaan sebesar 530 juta dolar Amerika.

Setelahnya masuk dalam daftar itu para bangsawan sekaligus penguasa sejumlah negara kerajaan di Eropa lainnya, seperti Swedia, Denmark, Norwegia, Spanyol dan sebagainya. Kekayaan Raja Thailand 80 kali lebih banyak dibanding Ratu Inggris. (*)

Bagikan