Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Sebaiknya Anda Tahu, Inilah 7 Makanan Terbaik buat Fungsi Jantung Anda. Begini Cara Konsumsinya

2 min read

sayuran hijau seperti bayam ternyata baik bagi fungsi kesehatan jantung anda. Tentunya harus diketahui cara pengolahannya yang benar/foto thewokoflife.com via intisari.grid.id

angkaberita.id – Kesehatan jantung dan menjaga kesehatannya penting diketahui dan dilakukan setiap kita. Nah, Anda juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan memilih makanan yang membantu mengurangi kolesterol, menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan.

Kelompok makanan mana saja yang paling baik untuk kesehatan jantung?

1. Gandum Gandum mengandung serat larut yang disebut beta-glukan.

Serat itu menumpulkan respon insulin tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh, dan mungkin melindungi selama radiasi dan kemoterapi. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 3 gram beta-glukan sehari akan mengurangi kolesterol hingga 10%.

Anda bisa mendapatkannya dengan akan semangkuk oatmeal setiap hari, menambahkan 2 sendok makan oat bran ke smoothie, sup, atau hidangan utama saat makan siang, dan memiliki kue gandum untuk camilan.

2. Salmon dan ikan berlemak lainnya

Minyak ikan, terutama asam lemak omega-3, sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Itu berarti ikan berlemak seperti salmon, tuna albacore, mackerel, herring, sarden, tiram, dan cumi-cumi adalah makanan pokok protein yang menyehatkan jantung.

3. Sayuran hijau gelap

Salad hijau, bayam, kangkung, dan sawi kaya akan vitamin A, C, E dan K serta mengandung antioksidan yang membantu menghilangkan racun dari tubuh.

Tetapi kalsium, magnesium, dan kalium yang melimpah membuat mereka masuk dalam daftar makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Kalium, magnesium, dan kalsium diketahui berperan dalam pengaturan tekanan darah.

Plus, sayuran hijau merupakan makanan penuh serat yang menurunkan kadar kolesterol dan mencegah sembelit (dan karenanya wasir). Dan tentu saja, menjaga berat badan yang sehat adalah kunci kesehatan bagi jantung yang lebih baik.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Biji dan kacang yang tidak tawar juga mengandung kalium, magnesium, dan mineral lain yang dikenal dapat mengurangi tekanan darah. Tetapi perlu diingat bahwa semua kacang sangat tinggi kalori sehingga tingkat konsumsinya harus seimbang.

Waspadai garam, gula, atau cokelat yang ditambahkan pada kacang-kacangan, karena mereka tidak baik untuk kesehatan.

5. Alpukat Sudah makan makanan sehat?

Pastikan untuk menambahkan alpukat sekali sehari. Alpukat adalah sumber kaya asam lemak tak jenuh tunggal, yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan mempertahankan kolesterol baik.

6. Susu rendah lemak

Mungkin aneh untuk memasukkan susu dalam daftar makanan sehat jantung. Tetapi ternyata susu, keju, dan yogurt dapat membantu mengurangi tekanan darah.

Produk susu mengandung kalsium, kalium dan magnesium, yang merupakan mineral penting untuk membantu mengontrol tekanan darah.

7. Diet rendah sodium yang seimbang

Garam tersembunyi di banyak makanan olahan. Beberapa cara untuk membantu menguranginya adalah dengan membatasi jumlah makanan olahan.

Jika Anda memasak juga Anda dapat memperkirakan sendiri takaran garam yang tidak terlalu banyak. Selain itu Anda juga bisa pertimbangkan untuk pakai rempah-rempah serta lemon dan cuka segar guna menambah rasa pada masakan. (Intisari.grid.id/cnn)

Bagikan