Sat. Jul 27th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Inilah Kota Terdingin di Tanah Air, Suhu Siang Hari Tembus 15 Derajat Celcius

1 min read

kota mulia di papua merupakan kota terdingin di tanah air. siang hari suhunya 15 derajat celcius, malam hari turun menjadi 9 derajat celcius/foto grid.id

angkaberita.id – Namanya Mulia. Inilah kota terdingin di tanah air. Lokasinya di Papua. Siang hari, suhunya tembus 15 derajat celcius. Kotanya berada di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut.

Nah, Kota Mulia berada di sebuah lembah yang dikelilingi pegunungan Jaya Wijaya. Saking dinginnya, pada siang hari suhunya mencapai 15 derajat celcius di siang hari.

Sedangkan di malam hari suhunya bisa mencapai 9 derajat celsius, betapa dinginnya untuk ukuran warga di daerah khatulistiwa. Curah hujan di Kota Mulia juga terjadi ham pir sepanjang tahun.

Maka dari itu, sebagian penduduknya masih menempati Hanoi, yaitu rumah adat Papua. Rumah Hanoi yang tanpa jendela bisa membuat udara dingin tidak mudah masuk ke rumah.

Bangunan berdinding semen biasanya digunakan untuk gedung perkantoran saja. Untuk mengunjungi kota ini kita bisa memakai transportasi udara. Di Kota Mulia terdapat bandara kecil.

Dari Jayapura membutuhkan waktu satu jam untuk sampai ke Kota Mulia. Anda juga dapat mengunjungi kota ini menggunakan jalur darat. Namun, butuh waktu 16 jam perjalanan untuk sampai di kota terdingin ini.

Daerah berpanorama ini termasuk rawan konflik. Di kota ini, sering terjadi bentrok antarwarga dari daerah lain yang berdekatan. Maka itu, di sana diberlakukan jam malam. Setelah pukul 6 sore, tidak boleh ada kegiatan di luar rumah. (intisari.grid.id)

Bagikan