Fri. Jul 19th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Kekurangan Kalium Picu Serangan Jantung, Ini 5 Gejalanya di Tubuh Anda

2 min read

usahakan selalu konsumsi sayuran dan buah-buahan dengan seimbang demi kesehatan jantung dan ginjal anda/foto Picjumbo/Victor Hanacek via intisari.grid.id

angkaberita.id – Jangan pernah sepelekan kondisi kekurangan kalium. Kekurangan kalium di tubuh picu serangan penyakit jantung.

Kalium adalah mineral penting yang berperan dalam banyak fungsi termasuk mengatur cairan dan menjaga otot bekerja dengan benar.

Kandungan kalium yang tinggi pada tubuh seseorang memungkinkan orang tersebut terlindung dari penyakit jantung dan ginjal.

Bagi orang dewasa, jumlah asupan kalium yang direkomendasikan sekitar 4.700mg setiap hari.

Walau sangat penting, sayangnya saat ini sebagian besar orang dewasa diketahui menerima asupan kalium yang sangat kurang.

Seperti dikutip dari laman situs merdeka.com, Minggu (7/4/2019) dari Prevention, berikut sejumlah hal yang menjadi penyebab terjadinya kurang kalium yang dialami seseorang.

1. Kurang Konsumsi Sayur dan Buah Buah-buahan dan sayuran adalah sumber kalium terkaya sehingga sebaiknya kamu konsumsi secara rutin setiap hari. Tingkat kalium terendah cenderung terjadi pada mereka yang kurang mengonsumsi makanan segar.

2. Merasa Lelah dan Lemah Tanda lain yang sering tak tampak adalah ketika rasa lelah kerap muncul dan tak kunjung hilang walau telah beristirahat. Munculnya hal ini dan kurangnya kalium bisa jadi disebabkan oleh kurangnya konsumsi sayuran dan buah-buahan tiap hari.

3. Memiliki Tekanan Darah Tinggi Kurangnya konsumsi kalium bisa jadi salah satu penyebab terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Mengonsumsi terlalu banyak makanan asin tanpa diimbangi sayur dan buah dapat membuat seseorang menjadi rentan terkena hipertensi.

4. Kram Otot Kurang kalium dalam tubuh bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kram otot. Hal ini terjadi karena keluarnya keluarnya elektrolit dan potasium saat berkeringat berlebihan.

5. Jantung Berdebar-Debar Rendahnya kadar kalium dalam tubuh bisa menyebabkan perasaan jantung yang berdebar-debar dengan kencang. Ketika mengalami hal ini, sebaiknya kamu segera mengunjungi dokter untuk mengobatinya.

Kalium merupakan sebuah hal penting yang bisa kita dapat dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari. Beberapa makanan yang tinggi dengan kandungan kalium seperti pisang, kentang, bayam, stroberi, dan brokoli. (*)

Bagikan