Sun. Jul 21st, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Minum Pil KB Bikin Rahim Kandungan Kering? Ini Jawaban Medis dari Dokter

2 min read

Ilustrasi pil kb/foto intisari.grid.id

angkaberita.id – Berkembang di masyarakat sering mengonsumsi pil KB bakal membuat rahim kandungan mongering. Benarkah?

Mengenai hal ini kita harus tahu bahwasannya pil KB tak hanya sehat, mereka juga merupakan alat kontrasepsi yang tergolong mudah dan praktis untuk digunakan, kita hanya perlu mengonsumsi 1 pil setiap hari secara teratur di jam yang sama, sesuai dengan anjuran dokter.

Maka jarak kehamilan bisa diatur sesuai dengan keinginan. Sekarang bagaimana dengan tudingan pil KB bisa membuat rahim kering?

Memang ketika menggunakan pil KB beberapa wanita akan merasakan efek berupa darah menstruasi yang lebih sedikit daripada biasanya. Tapi itu bukan sebuah masalah, apalagi penyakit, atau kelainan.

Hal ini diasumsikan banyak orang rahim menjadi kering. dr. Tirsa Verani, Sp.OG dalam talkshow Pil KB Andalan FE yang diadakan di Bogor, Senin (25/3/2019) mengatakan, berkurangnya darah ketika menstruasi itu bukan dikarenakan rahim kering.

“Berkurangnya darah menstruasi sejak minum pil KB itu karena perubahan ketebalan dinding rahim setelah mengonsumsi hormon progesteron” tutur dokter Tirsa kepada GridHEALTH.id.

Penting untuk kita ketahui, dalam keadaan normal, pada masa ovulasi, dinding rahim akan menebal untuk mempersiapkan terjadinya pembuahan.

Nah, di situ tugas pil KB. Pil KB akan mencegah terjadinya hal tersebut, sehingga ketika masa menstruasi tiba, dinding rahim yang luruh tidak sebanyak biasanya.

Itulah mengapa salah satu efek samping yang dialami pengguna pil KB adalah darah yang lebih sedikit, flek, atau bahkan berhenti menstruasi. Meski begitu, menurut dokter Tirsa hal ini tidak selalu terjadi pada semua pengguna pil KB.

Dalam kesempatan yang sama, dokter Tirsa menghimbau para wanita untuk tidak takut dengan mitos yang beredar mengenai pil KB. Sebab efek samping itu tidak masalah, selama penggunaan KB memang sudah dikonsultasikan dengan dokter dan penggunaannya sesuai.

“Apapun jenisnya, semua alat kontrasepsi punya efektivitas 99% untuk mencegah kehamilan.” “Hal ini cocok-cocokan” ucap dokter Tirsa. Terkait hal ini dokter Tirsa mengatakan, Anda memang harus mencoba terlebih dahulu untuk mengetahui alat kontrasepsi mana yang cocok untuk kita.

“Harus disesuaikan dengan programnya, mau jangka pendek atau panjang.” “Lalu konsultasikan dengan dokter,” ungkap dokter Tirsa yang juga menegaskan untuk tidak percaya apa kata orang yang tak jelas dasar keilmuannya. (Intisari.grid.id/hHealth.grid.id/Nita Febriani)

Bagikan