Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Inilah Khasiat Tak Terungkap Bawang Merah dan Bawang Putih: Cegah Sel Kanker!

2 min read

Bawang merah dan bawang putih mencegah kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh/Foto StepToHealth via Intisari.grid.id

angkaberita – Tidak seperti dongeng bawang putih dan bawang merah yang selalu bermusuhan. Di dunia pengobatan non medis, keduanya ternyata memiliki musuh yang sama, yakni sel kanker.

Keduanya juga memiliki khasiat masing-masing sesuai warna kulitnya. Nah, dilansir dari Drfarrahmd.com, ternyata baik bawang merah atau putih memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bawang Merah

1. Perlindungan lebih baik terhadap kanker

Berkat banyaknya kandungan quercetin dan senyawa lain dengan sifat antioksidan, bawang merah dapat menurunkan risiko kanker jauh lebih baik daripada bawang putih.

Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah oleh bawang merah termasuk kanker mulut, laring, kerongkongan, lambung, kolorektal, dan kanker ovarium.

2. Lebih banyak antioksidan

Semua orang tahu bahwa antioksidan baik untuk kesehatan untuk menetralkan radikal bebas berlebih. Kebetulan bawang merah memiliki lebih banyak daripada bawang putih.

3. Membantu mencegah anemia

Salah satu mineral yang ada dalam bawang merah adalah zat besi. Zat besi penting untuk menjaga jumlah sel darah merah tetap optimal.

Perhatikan bahwa bawang putih memiliki zat besi juga, tetapi dalam jumlah yang sedikit lebih rendah.

4. Kandungan quercetin

Sebagai jenis flavonoid, para ilmuwan mengatakan bahwa quercetin sangat baik untuk sistem kardiovaskular. Hal itu dikarenakan quercetin membantu menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi.

Selain bawang merah, makanan lain yang mengandung quercetin termasuk apel, paprika merah, tomat, dan lainnya yang berwarna merah. Bawang putih juga memiliki kuersetin tetapi dalam jumlah yang lebih kecil.

Bawang Putih

1. Mencegah cacat lahir

Nutrisi penting yang hadir dalam bawang putih adalah folat. Jenis vitamin B, folat sangat bermanfaat bagi wanita hamil karena membantu dalam menangkal cacat tabung saraf, yang sebabkan kelainan pada otak dan sumsum tulang belakang bayi.

Seorang wanita hamil memiliki indra penciuman yang lebih peka. Tetapi berkat rasa dan aromanya yang lebih ringan, bawang putih dapat dengan mudah ditambah ke makanan.

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu nutrisi utama yang terkandung dalam bawang putih adalah vitamin C. Seperti semua orang tahu, itu adalah sesuatu yang sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima.

Mengonsumsi lebih banyak bawang putih dalam diet dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh itu. (Intisari.grid.id)

Bagikan