Sun. Jul 21st, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Presiden Habibie Wafat, Inilah Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun di Pare-Pare

2 min read

monumen cinta sejati habibie-ainun di kota pare-pare, sulawesi selatan. monumen ini mengabdikan cinta sejati habibie kepada sang istri/foto via makasar.tribunnews.com

Presiden Habibie Wafat, Inilah Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun di Pare-Pare

angkaberita.id – Negeri ini kehilangan putra terbaiknya. Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie wafat, Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta karena sakit.

Tak hanya negeri ini, dunia juga kehilangan sosok bersahaja ini. Begitupun dunia penerbangan dunia, namanya akan abadi di literatur kuliah penerbangan. Selain menjadi sosok negarawan, Habibie dikenal mencintai keluarga, termasuk sang istri.

Bahkan, sineas di negeri ini telah mengangkat kisah kesetiaan Habibie kepada istrinya dalam suatu film nasional. Di Pare-pare, kota kelahiran pendiri perusahaan pesawat terbang IPTN, dulu bernama Nurtanio, berdiri monumen mengabadikan kesetian Habibie-Ainun, namanya Monumen Cinta Sejati.

Di sini, seperti ditulis Tribun Timur, selain menjadi objek wisata di kota tepian pantai Selata Makasar, juga menjadi ikon Pare-pare. Tak terhitung pelancong singgah menikmati keindahan monumen ini. Bahkan, belum dianggap ke Pare-pare sebelum singgah ke monumen ini.

Berlokasi di sebelah barat Lapangan Andi Makkasau, Jalan Andi Isah, Kelurahan Malluse Tasi, Kecamatan Ujung, Kota Parepare. Monumen ini diresmikan pada Mei 2015, Habibie sendiri yang membukanya.

Di Monumen Cinta Sejati, terpacak patung Habibie berdiri memakai jas dan kacamata. Sang istrri, Ainun Hasri memakai kerudung menggenggam setangkai bunga. Pendirian monumen mengenang cinta sejati keduanya.

Sudut favorit wisatawan berfoto biasanya di depan air mancur yang mengelilingi patung Habibie-Ainun. Cukup menaiki tiga anak tannga, Anda bisa melihat foto Habibie-Ainun.

Ada foto masa kecil BJ Habibie hingga menjadi Presiden ke-3 RI, serta foto Habibie dan Ainun saat berada di Jerman. Sebagaian besar foro terpajang menceritakan kebahagiaan Habibie-Ainun.

Seriap tahun di monumen ini diselenggarakan Festival Lovely Habibie Ainun. Kisah cintan Habibie-Ainun menjadi inspirasinya. Festival diisi dengan festival perahu hias, malam inspirasi Habibie Ainun.

Ada juga Hijab Carnaval, lomba keluarga harmonis, pameran musik dan seni, pameran kerajinan fashion dan kuliner dan berbagai kegiatan lainnya. Festival ini bahkan menjadi andalan Kota Pare-pare menggaet wisatawan mampir. (*)

Bagikan