Fri. Jul 19th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Demi Investasi, Jokowi Ancam Hajar Birokrasi Berbelit dan Pungli, Siapa Dibidik?

1 min read

presiden terpilih hasil pemilu 2019, joko widodo mengancam menghajar siapapun yang menghambat investasi, termasuk birokrasi berbelit dan nekat pungli/foto AP/Dita Alangkara via nasional.tempo.co

Demi Investasi, Jokowi Ancam Hajar Birokrasi Berbelit dan Pungli, Siapa Dibidik?

angkaberita.id – Perizinan investasi berbelit dan birokrasi pungli bikin Presiden Jokowi geram. Jokowi mengancam mencopot pejabat bersangkutan demi memastikan investasi masuk ke tanah air dan membuka lapangan pekerjaan.

“Kalau pola pikir, kalau mindset birokrasi tidak berubah, saya pastikan akan saya pangkas. Tolong ini dicatat,” kata Jokowi saat menghadiri acara di Sentul, Bogor, Minggu (14/7/2019) seperti dikutip Katadata, Senin (15/7/2019).

Presiden terpilih periode 2019-2024, ini menambahkan reformasi struktural diperlukan agar lembaga negara lebih efisien dan cepat melayani kegiatan usaha dan investasi.

Kata Jokowi, dalam pidato politik menandai setelah dirinya bertemu dengan pesaingnya, Prabowo Subianto, kecepatan melayani dan memberikan izin kunci reformasi birokrasi.

“Begitu saya lihat tidak efisien atau tidak efektif, saya pastikan akan saya pangkas dan copot pejabatnya,” janjinya. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga akan membubarkan lembaga-lembaga tak bermanfaat dan bermasalah. “Oleh sebab itu, butuh menteri-menteri yang berani,” sebutnya.

Jokowi juga memastikan pihaknya serius memberangus pihak-pihak yang coba menghambat investasi dengan perizinan berbelit, termasuk nekat mengambil pungutan liar.

“Yang berbelit apalagi yang ada ada punglinya, hati-hati. Ke depan, akan saya pastikan akan saya kejar, saya kontrol dan akan saya hajar bila diperlukan,” ancamnya.

Perbaikan ini, menurutnya demi mengalirnya investasi dan pada gilirannya membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Dia juga berharap masyarakat tak perlu alergi terhadap investasi masuk ke dalam negeri. (*)

Bagikan