Sat. Apr 13th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Sebaiknya Anda Tahu, Inilah Kebiasaan Sehari-hari Pemicu Penyakit Keropos Tulang

2 min read

kebiasaan makan daging diam-diam berisiko sebabkan penyakit keropos tulang/foto intisari.grid.id

angkaberita.id – Penyakit keropos tulang atau osteoporosis ternyata sebagian akibat perilaku keseharian. Seperti kurang bergerak, suka makan asing, tidak berjemur matahari dan minum air bersoda. Tapi, paling mengejutkan tentu saja keseringan makan daging. Kenapa?

Kesehatan tulang itu menjadi penting untuk dijaga sejak muda, agar tidak menimbulkan masalah di masa mendatang. Anda mungkin sudah tahu bahwa tulang membutuhkan kalsium untuk menjaga kekokohannya.

Tetapi tahukah Anda kalau beberapa gaya hidup ini bisa meningkatkan risiko terkena penyakit tulang osteoporosis?

Melansir dari Reader’s Digest, kebiasaan sehari-hari ini dapat meningkatnya risiko Anda terkena osteoporosis.

Sering makan daging

Konsumsi daging terlalu banyak berarti sama saja dengan memaksa ginjal untuk bekerja kebih keras.

Pada kondisi ini ginjal akan mengeluarkan lebih banyak kalsium sehingga akan menurunkan kepadatan mineral pada tulang. Tentunya akan berakhir dengan osteoporosis.

Banyak konsumsi makanan asin

Asupan garam yang tinggi akan meningkatkan tekanan darah. Saat ginjal bekerja mengeluarkan natrium, kalsium juga akan keluar melalui aliran darah.

Natrium yang berlebihan akan menyebabkan keropos pada tulang lebih dini, jadi Anda harus menakar penggunaan garam untuk setiap masakan ya.

Kurang pergerakan

Sebuah penelitian menyatakan bahwa semakin sering kita bergerak maka akan memperkuat tulang.

Sebaliknya, jika pergerakan tubuh tidak aktif itu akan menumpuk massa pada tulang sehingga lebih mudah terjadi pemuaian.

Berenang merupakan olahraga yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan seluruh tulang dalam tubuh.

Konsumsi kafein terlalu banyak

Kafein bisa membuat tulang keropos jika dikonsumsi terlalu banyak. Terutama pada Anda karena kafein sangat memengaruhi hormon yang ada pada wanita yaitu estrogen.

Jadi tidak heran jika Anda pasca-menopause akan mengalami penurunan pada kekuatan tulang.

Menghindari panas matahari

Vitamin D pada panas matahari pagi sangat dibutuhkan untuk membantu proses kalsium.

Vitamin D diperlukan agar tubuh secara optimal menyerap kalsium sebagai bahan dasar pembentukan tulang yang kuat.

Sebuah penelitian menyatakan orang-orang yang berada di iklim dingin yang jarang terkena sinar matahari akan pergi ke dokter untuk meminta suplemen vitamin D.

Kebiasaan minum soda

Beberapa penelitian sudah menunjukkan bahwa soda memiliki peran besar dalam membuat tulang keropos. Kafein dan asam fosfat di dalamnya dapat menyerap kalsium yang ada pada tulang.

Jika Anda suka minum soda. Ada baiknya diseimbangkan dengan minum susu yang baik untuk kesehatan tulang.

Konsumsi alkohol berlebihan

Konsumsi alkohol dalam kadar yang sedikit memang bisa menyehatkan tulang. Akan tetapi tidak baik jika terlalu banyak. Konsumsi alkohol setiap hari akan membuat tulang sulit untuk menyerap kalsium.

Selain itu alkohol juga memengaruhi fungsi pankreas dan hati dalam menyalurkan kalsium dan vitamin D. Alkohol juga beracun bagi obsteoblas, sel yang membentuk tulang.

Hal ini dapat membuat kepadatan mineral tulang menurun dan berakhir pada osteoporosis. (Intisari.grid.id/nakita.id/Rachel Anastasia Agustina)

Bagikan