Tue. Apr 23rd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Tips Sehat Puasa Ramadan, Inilah 6 Makanan Terbaik Buka dan Sahur Penghindar Sakit Kepala

2 min read

sakit kepala kerap menjadi keluhan saat berpuasa. Namun dengan asupan makanan yang pas saat sahur dan berbuka, keluhan ini hanya akan menjadi sejarah/foto consumer reports via intisari.grid.id

angkaberita.id – Puasa selama Ramadan tak hanya dapat pahala, namun juga menyehatkan. Nah, karena itu perlu persiapan termasuk soal asupan makanan saat sahur dan buka puasa.

Ini penting terutama buat mengantisipasi keluhan sakit kepala. Saat puasa, sakit kepala kerap kali terjadi, namun ternyata sakit kepala ini dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan sehat saat buka dan sahur.

Nah, 6 makanan ini cocok untuk dikonsumsi saat buka dan sahur dan tepat meredakan sakit kepala, diantaranya:

1. Biji-biji serealia utuh (whole grain)

Jika sedang menjalani puasa, hal ini akan mulai menguras sumber utama energi untuk otak, yakni cadangan glikogen. Selain itu juga menjadikan tubuh kehilangan cairan dengan cepat sehingga menyebabkan dehidrasi.

Dehidrasi bersamaan dengan berkurangnya energi ke otak bisa memicu timbulnya sakit kepala. Jika sering mengonsumsi makanan-makanan karbo yang sehat seperti biji-bijian

(roti gandum, sereal gandum, oatmeal, dan buah), tidak hanya bisa mengusir rasa sakit pada kepala tetapi juga meningkatkan mood.

2. Kentang

Selain menjadi cadangan makanan selama berpuasa, kentang dapat membantu meringankan sakit kepala selama puasa.

Sakit kepala yang muncul akibat puasa tak hanya disebabkan karena dehidrasi tetapi juga karena hilangnya elektrolit seperti kalium.

Kentang mengandung banyak kalium yakni 100 gram, sedangkan kentang panggang (dengan kulitnya) mengandung kalium hingga 600 mg.

3. Pisang

Pisang tidak hanya kaya akan potasium tetapi juga magnesium. Pisang ukuran sedang mengandung 10% dari rekomendasi asupan harian.

Sejumlah penelitian telah menghubungkan antara kekurangan magnesium dan sakit kepala.

Magnesium, yang dikandung dalam pisang, melindungi tubuh dari sakit kepala dengan cara merelaksasi pembuluh darah.

Selain itu, magnesium memiliki efek menenangkan sehingga berguna untuk meredakan kepala yang tegang.

4. Jahe

Selain menjadi obat untuk mual, jahe memiliki sifat anti peradangan dan anti histamin juga berguna untuk memerangi sakit kepala.

Masaklah jahe tersebut atau kombinasikan dengan minuman lain seperti teh atau boleh tambahkan madu sebagai tambahan stamina selama menjalankan puasa.

5. Semangka

Dehidrasi adalah penyebab umum timbulnya sakit kepala, maka pertimbangkan untuk meminum banyak air dan mengonsumsi makanan yang kaya akan air, seperti buah semangka.

Mengonsumsi semangka saat berbuka puasa sepertinya terasa menyegarkan.

Buah yang kaya akan air ini juga mengandung mineral penting, seperti magnesium yang merupakan kunci untuk mencegah sakit kepala.

6. Ikan

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan makarel bermanfaat sebagai obat untuk sakit kepala. Ikan ini kaya akan asam lemak esensial, omega 3.

Asam lemak omega 3 dapat menghambat peradangan yang sering memicu timbulnya sakit kepala. Jika tidak bisa mengkonsumsi ikan ini setiap hari, tidak perlu khawatir.

Penggantinya dapat mengonsumsi suplemen minyak ikan dan menambahkan makanan seperti biji rami, walnut, tahu, dan kacang kedelai untuk tambahan omega 3 pada saat sahur atau berbuka puasa.

Cobalah makan 6 makanan sehat tersebut saat berbuka atau sahur untuk mengurangi sakit kepala saat puasa. (Intisari.grid.id)

Bagikan