Tue. Apr 23rd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Inilah 9 Manfaat Makan Buah Rambutan, Selain Cegah Sakit Kanker Juga Sehatkan Ginjal

2 min read

selain enak dimakan, buah rambutan berkhasiat cegah penyakit kanker dan sehatkan ginjal anda

angkaberita.id – Buah rambutan ternyata menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya diyakini berguna melawan penyakit kanker, buah rambutan juga membantu menyehatkan ginjal anda.

Bahkan, buah ini juga mencegah diare dan melenyapkan parasit dalam perut anda. Rambutan adalah buah eksotis dengan rasa manis dan teksturnya yang berair.

Buah ini seukuran dengan bola golf dan memiliki kulit dengan rambut-rambut yang berwarna merah. Jika Anda kupas, maka Anda akan menjumpai isinya yang putih menyegarkan.

Tahukah Anda bahwa tak hanya enak, buah bergizi ini menawarkan banyak manfaat kesehatan. Mulai dari penurunan berat badan dan pencernaan yang lebih baik hingga peningkatan resistensi terhadap infeksi.

Fakta Nutrisi

Buah kecil ini mengandung serat makanan, protein, dan karbohidrat serta sejumlah vitamin B dan vitamin C tingkat tinggi.

Tak hanya itu, rambutan juga kaya akan magnesium, mangan, natrium, fosfor, kalium, dan seng.

Karena keberadan antioksidan dan senyawa vanillin serta asam sinamatnya, rambutan memiliki kontribusi yang besar bagi kesehatan seseorang.

Manfaat Kesehatan Buah Rambutan

1. Penurunan berat badan

Satu porsi 100 gram rambutan hanya mengandung 75 kalori. Ini dapat bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan karena rambutan dapat membuat kenyang.

Rambutan mengatur proses pencernaan dan mengoptimalkan pencernaan nutrisi sehingga karbohidrat lebih sedikit diubah menjadi lemak.

2. Meningkatkan Sel WBC & RBC

Rambutan mengandung tembaga dan zat besi, yang keduanya dibutuhkan dalam produksi sel darah merah dan putih di tubuh kita.

Tembaga adalah mineral yang membantu tubuh Anda menggunakan zat besi untuk menghasilkan hemoglobin

sehingga dapat memproduksi lebih banyak sel darah merah dan putih yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

3. Melawan Kanker

Gallic acid adalah senyawa organik yang ditemukan di kulit rambutan. Menurut penelitian, senyawa ini dapat melindungi tubuh kita dari kerusakan oksidatif dan bisa menjadi obat kuat melawan kanker.

4. Meningkatkan Pertumbuhan

Protein dalam rambutan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan karena dibutuhkan oleh tubuh untuk produksi setiap sel, jaringan, otot, dan darah.

5. Regulasi Darah

Rambutan juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Selain itu, dapat memotong pembengkakan di tangan dan kaki yang disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk di dalam tubuh.

6. Membunuh Parasit

Buah rambutan memiliki sifat anti-parasit yang dapat membantu membunuh parasit usus dan membantu dengan gejala demam dan diare.

7. Meningkatkan Energi

Rambutan memiliki kandungan air yang tinggi yang dapat membantu mengembalikan energi yang telah Anda gunakan. Selain itu, karena kaya akan karbohidrat dan protein, buah ini dapat membantu mencegah kembung.

8. Menghilangkan Limbah dari Ginjal

Rambutan mengandung fosfor dalam jumlah tinggi yang secara efektif membantu menyaring masalah limbah.

9. Menyehatkan Pencernaan Rambutan adalah sumber serat larut dan tidak larut yang baik, yang dapat mencegah sembelit dan meningkatkan gejala gangguan usus tertentu. (Intisari.grid.id/drfarrahmd.com)

Bagikan