Mon. Apr 22nd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Anda Perhatian Soal Kesehatan? Baca Kode Buah Sebelum Bayar di Kasir Supermarket

2 min read

Ilustrasi/Foto HowGhana via Intisari.grid.id

angkaberita.id – Anda sering berbelanja buah di supermarket? Anda pribadi yang memperhatikan kesehatan diri dan keluarga? Maka baca kode buah sebelum membayarnya di kasir supermarket.

Pernahkan Anda memerhatikan sebuah stiker kecil berisi kode yang menempel pada buah-buahan? Mungkin, ada yang melihatnya namun sedikit orang memerhatikan kode-kode tersebut.

Padahal sangat penting untuk mengetahuinya. Kode-kode pada buah-buahan ini disebut dengan kode PLU, atau harga look up yang digunakan oleh supermarket sejak tahun 1990.

Hal itu digunakan untuk mengidentifikasi produk massal, seperti kacang, buah, sayuran, dll. Kode PLU biasanya terdiri atas angka berjumlah 4 atau 5 digit yang disematkan dalam stiker kecil yang kemudian ditempelkan pada buah/sayuran.

Nomor PLU mengidentifikasi barang-barang yang diproduksi berdasarkan berbagai atribut yang dapat mencakup komoditas, varietas, metodologi pertumbuhan (misalnya organik), dan ukuran.

Melansir dari kode PLU, Angka-angka ini diberikan oleh IFPS setelah peninjauan yang ketat di tingkat nasional dan internasional. Kode PLU memastikan bahwa harga yang akurat dibayar oleh konsumen

dengan menghilangkan kebutuhan kasir untuk mengidentifikasi produk dan apakah produk tersebut ditanam secara konvensional atau organik.

Masing-masing kode memiliki makna unik, misalnya kode 4 digit adalah untuk produk yang ditanam secara konvensional. Kode 5 digit menggunakan seri 3000 dan 4000 digunakan untuk mengidentifikasi produk organik.

Awalan ‘9’ akan ditempatkan di depan kode 4 digit yang ditanam secara konvensional untuk produk organik. Anda tidak akan melihat kode 5 digit organik dalam basis data kode PLU karena hanya berupa awalan yang ditambahkan ke kode PLU produksi konvensional.

Selebihnya Anda juga dapat mengetahui apakah buah itu juga telah dimodifikasi secara genetik, ditanam secara organik, diproduksi dengan pupuk kimia, fungisida, atau herbisida, berikut pemaparannya.

1. Jika Hanya ada 4 angka dalam PLU berarti produk tersebut ditanam secara kovensional atau tradisional menggunakan pestisida. Empat huruf terakhir dari kode PLU hanyalah jenis sayur atau buah. Contohnya adalah pisang yang diberikan label 4011.

2. Jika ada 5 angka dalam kode PLU, angka dimulai dengan 8 akan memberi tahu Anda bahwa, item tersebut adalah buah dan sayuran yang dimodifikasi secara genetis.

Buah dan sayuran yang dimodifikasi secara genetik. Jadi, tidak mungkin produk organik ini ditanam dari biji yang dimodifikasi secara genetik. Misalnya pisang yang direkayasa secara genetika (GE atau GMO) memiliki kode 84011.

3. Jika ada lima angka dalam kode PLU, dan angka tersebut dimulai dengan 9, ini memberi tahu Anda bahwa item tersebut ditanam secara organik dan tidak dimodifikasi secara genetik. Pisang dengan kode organik yang tidak dimodifikasi secara genetik biasanya memiliki kode 94011. (Intisari.grid.id)

Bagikan