Wed. Feb 21st, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Legislator Cantik DPRD Mundur Dari PDIP, Nyusul Sang Ayah Ke Nasdem?

2 min read

regina nadya suwono, anggota dprd kediri, diapit ayah dan ibunya/foto via kompas.com

Legislator Cantik DPRD Mundur Dari PDIP, Nyusul Sang Ayah Ke Nasdem?

angkaberita.id - Regina Nadya Suwono, alias Rere, legislator cantik di DPRD Kediri mengundurkan diri dari PDIP. Namun petinggi PDIP justru menyebut mereka telah memecat anggota termuda DPRD Kediri itu. Nyusul sang ayah ke Nasdem?

Versi Rere, seperti dilansir detikcom, Kamis (6/4/2023), dia telah mengajukan surat pengunduran diri ke DPC PDIP Kota Kediri dengan tembusan ke DPD PDIP Jawa Timur dan DPP PDIP di Jakarta.

"Saya telah menyerahkan surat pengunduran diri kemarin (Selasa), jam 10 pagi secara langsung," kata dia. Namun Ketua DPC PDIP Kota Kediri, Gus Sunoto Imam Mahmudi justru menegaskan mereka telah memecat Rere sejak September 2022.

Alasannya, Rere dinilai telah melanggar aturan partai. "Regina kami nilai sudah melanggar aturan-aturan partai," tegas Gus Sunoto. Ketua Fraksi PDIP, Sujoko Adi Purwanto lebih terus terang. Katanya Regina sudah terang-terangan tak menganggap diri sebagai kader PDIP.

Joko menyebut Rere telah mengikuti jejak ayahnya, Adi Suwono, ke Nasdem. Di Kediri, Adi baru saja dipercaya menjabat Ketua Nasdem, setelah mengundurkan diri sebagai bendahara PDIP. Sebelum ke PDIP, Adi sempat berkiprah di Golkar.

Fenomena Kepri

Adi merupakan satu dari empat pengusaha keturunan di Kediri aktif di politik dan berstatus ketua parpol. Di Kepri, tren serupa juga terjadi dengan terpilihnya Reni, anggota DPRD Tanjungpinang, mengetuai DPC Hanura.

Dia menyamai Bobby Djajanto dan Agus Wibowo, masing-masing, Nasdem dan Demokrat Tanjungpinang. Bedanya, Bobby berstatus anggota DPRD Kepri. Sedangkan Agus Wibowo Ketua DPRD Bintan.

Level Kepri, Aneng dipercaya AHY menakhodai Demokrat Kepri. Mereka semua berlatar belakang pengusaha. Di Bintan, pengusaha terjun ke politik mendongkrak kursi Nasdem di DPRD.

Kendati belum ada menyusul Rere, legislator perempuan di Kepri terhitung sedikit. Kecuali Tanjungpinang, jumlah mereka tak banyak. Di Natuna, bahkan seluruh legislator DPRD laki-laki.

Meski demikian, tiga di antaranya justru menduduki pimpinan DPRD. Dengan dua legislator berstatus ketua, masing-masing, di DPRD Anambas dan DPRD Tanjungpinang.

(*)

Bagikan