Wed. Feb 21st, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Cuti Bersama Hanya Untungkan PNS, Buntut Larangan Buka Bersama Pejabat-ASN?

1 min read

ilustrasi pns

Cuti Bersama Hanya Untungkan PNS, Buntut Larangan Buka Bersama Pejabat-ASN?

angkaberita.id - Kendati sejumlah kalangan pengusaha mengklaim tak keberatan dengan cuti bersama Lebaran 2023 maju 19 April, namun di mata pengamat kebijakan usulan Kemenhub tadi hanya menguntungkan kalangan ASN saja, termasuk di Kepri. Buntut larangan buka bersama pejabat dan PNS?

Sebab, menurut Trubus Rahadiansyah, kebijakan tadi justru merepotkan dan memberatkan kalangan pekerja dan pengusaha. "Karena, itu memberatkan. Itukan hanya untuk ASN. Yang buruh tergantung pelaku usaha. Kalau pelaku usaha nggak punya uang ya berat, harus memberikan THR lebih cepat, belum tentu mau," kata Trubus, dosen Universitas Trisakti, seperti dikutip detikcom, Sabtu (25/3/2023).

Sebelumnya Menhub Budi Karya Sumadi mengumumkan pemerintah memajukan cuti bersama dari 21 April menjadi 19 April dengan alasan mengantisipasi lonjakan volume pemudik. Sehingga tak terjadi penumpukkan pemudik nantinya. Karena mereka dapat mudik di 18 April sore.

Kata Trubus, penentuan cuti bersama seyogyanya melibatkan pelaku usaha, terutama Kadin dan Apindo. Karena nanti urusannya dengan pembayaran THR ke pekerja mereka. Kemudian cuti bersama dasarnya SKB Mendikbud, Menag dan Menteri PAN-RB. "Tapi, yang mengumumkan kan Menhub. jadi seolah-olah ego sektoral," sentil Trubus.

Dia menduga kebijakan tadi upaya meredam kritik kebijakan larangan buka bersama pejabat dan ASN. "Saya melihat ini supaya pemerintah meredam tuduhan, selama ini kan ASN dapat sorotan publik luar biasa. Jadi ini kayak untuk menutupi, seperti meniadakan bukber, arahnya sama ke sana," sebut dia.

(*)

Bagikan