Thu. Feb 2nd, 2023

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Demi Ekonomi Tanjungpinang, Cen Bereskan Tanjung Moco Tahun 2023

2 min read

cen sui lan (jaket putih), anggota komisi v dpr, berfoto bersama dengan latar pelabuhan bongkar muat tanjung moco, tanjungpinang, minggu (4/12/2022)/foto ist

Demi Ekonomi Tanjungpinang, Cen Bereskan Tanjung Moco Tahun 2023

angkaberita.id - Cen Sui Lan, Jubir Kepri di DPR, menyempatkan diri ke Tanjungpinang khusus ke Pulau Dompak, Minggu (4/12/2022). Cen langsung ke Pelabuhan Tanjung Moco dan Pelabuhan Dompak. Misinya menuntaskan pembangunan dua pelabuhan itu sekaligus menyelamatkan duit APBN Rp 250 miliar terkuras demi pembangunan keduanya.

Tahun 2023, Cen melalui APBN berikhtiar merampungkan kedua proyek itu. Satu pelabuhan bongkar muat, dan satunya lagi pelabuhan penumpang. Tanjung Moco pelabuhan bongkar muat kedua di Tanjungpinang setelah Pelabuhan Sri Payung di Batu 6. Cen turun melihat kedua pelabuhan sekaligus pengawasan DPR.

Istilahnya kunjungan daerah pemilihan, dan ke lokasi guna melihat langsung kondisi riil di pelabuhan dibangun sejak 2009 dengan anggaran Rp 120 miliar, tapi hingga sekarang belum difungsikan. Ke lokasi, Cen didampingi Kepala KSOP Tanjungpinang, Kol (Mar) Benyamin Ginting.

Cen berharap tahun depan pelabuhan dapat difungsikan. Setelah mengecek Tanjung Moco, pelabuhan FTZ di Tanjungpinang, Cen langsung berkoordinasi dengan Arief Thoha, Dirjen Hubla Kemenhub. Cen juga mengontak Sekjen Kemenhub, Novie Riyanto terkait perampungan pelabuhan potensi PAD bagi Pemko Tanjungpinang.

cen sui lan (berjaket), anggota komisi v dpr, turun meninjau pelabuhan dompak di tanjungpinang, minggu (4/12/2022)/foto ist

Lewat DPR, Cen memastikan penyelesaian melalui dukungan penganggaran di Kemenhub sebesar Rp 15 miliar tahun 2023. "Kami bertiga, saya dan Pak Arief Thoha dan Pak Novie Riyanto sepakat menyelesaikan Pelabuhan Tanjung Moco ini, pada tahun anggaran 2023," kata Cen, anggota Komisi V DPR, Senin (5/12/2022).

Cen menambahkan, penuntaskan lewat pergeseran anggaran tahun depan. "Nanti kita tuntaskan pelabuhan (Tanjung) Moco dan Pelabuhan Dompak," kata tangan kanan Airlangga Hartartor, Ketum Golkar, di kepengurusan DPP MKGR. Kata Cen, perampungan kedua pelabuhan tadi berpotensi mengatrol perekonomian di Tanjungpinang.

Sebab, tak sedikit duit terserap ke pembangunan keduanya. Masing-masing, Rp 120 miliar Pelabuhan Tanjung Moco dan Rp 130 miliar di Pelabuhan Dompak. Kalau terselesaikan dapat memberikan manfaat ekonomi ke warga di Kepri, khususnya Tanjungpinang. Beban bongkar muat overload di Pelabuhan Sei Kolak, Bintan, untuk sebagian dapat dialihkan ke Tanjung Moco.

Baik Moco dan Sei Kolak, keduanya pelabuhan FTZ. "Kalau kita selesaikan pembangunan Pelabuhan Tanjung Moco dan Pelabuhan Dompak, sama saja kita menyelamatkan uang negara Rp 250 miliar sudah dialokasikan sebelumnya. Saya harapkan ada support dari Pemko pemerintah kota dan provinsi (Kepri)," pesan Cen, Dewan Pembina PSMTI Kepri. Terpisah, Pemko Tanjung dikabarkan mengajukan Ranperda BUP guna menggarap potensi Pelabuhan Tanjung Moco nantinya.

cen sui lan (berjaket putih), anggota komisi v dpr, berpose memancing di dermaga pelabuhan tanjung moco, tanjungpinang, minggu (4/12/2022)/foto ist

(*)

Bagikan