Thu. Feb 2nd, 2023

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

KPK Luncurkan 10 Desa Antikorupsi, Satu Desa Terkait Pangeran Diponegoro

1 min read

destinasi wisata ondo langit, alias tangga langit, di desa banyubiru, kabupaten semarang, jawa tengah/foto via tiketmasukwisata.com

KPK Luncurkan 10 Desa Antikorupsi, Satu Desa Terkait Pangeran Diponegoro

angkaberita.id - Bertempat di Desa Banyubiru, Kabupaten Semarang, KPK meluncurkan desa antikorupsi tahun 2022. Ketua KPK, Firli Bahuri meresmikan langsung peluncuran desa itu, Selasa (29/11/2022). Desa Banyubiru menjadi satu dari 10 desa antikorupsi di Tanah Air.

Desa di Jawa Tengah, jejak keberadaannya lekat dengan perjuangan Pangeran Diponegoro, tertinggi indeks antikorupsinya di Tanah Air. Firli mengatakan, mengutip Wapres Bung Hatta, "Indonesia tidak akan bercahaya dengan obor besar di Jakarta, tapi akan bercahaya dengan lilin-lilin kecil dari desa".

Menteri Desa, Abdul Halim Iskandar mengatakan, kolaborasi penting dilakukan karena Kemendesa tak mungkin menangani sendiri 74.961 desa di Tanah Air, dengan ragam persoalannya. Dia mengapresiasi ikhtiar KPK membentuk desa antikorupsi.

KPK melalui Wawan Wardiana, dalam laporannya, memaparkan desa antikorupsi dimulai Februari 2022 dengan observasi, kemudian pengecekan dan pemilihan desa sebagai percontohan. Juni 2022, kick off desa percontohannya di Kabupaten Gowa, Sulsel. Kemudian bimtek ke desa masing-masing.

Selanjutnya tahap penilaian. "Terakhir KPK melakukan penganugerahan Desa Antikorupsi kepada Desa yang telah memenuhi persyaratan sesuai indikator Desa Antikorupsi. Dimana tahun ini kita laksanakan di Desa Banyubiru, Semarang," beber Wawan. Desa Antikorupsi menggandeng Kemendagri dan Kemendesa.

(*)

Bagikan