Sun. May 19th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Tarik Kabel Laut Jakarta-Singapura, Triasmitra Modif Kapal Di Batam

2 min read

direksi pt triasmitra memperhatikan skenario pemasangan skkl jakarta ke singapura via perairan batam/foto dok. triasmitra via detikcom

Tarik Kabel Laut Jakarta-Singapura, Triasmitra Modif Kapal Di Batam

angkaberita.id - Selain listrik hijau, industri teknologi informasi berbasis kabel laut juga kian menggiurkan. Apalagi kapal khusus kepentingan itu tak banyak. Terbaru, Triasmitra bakal membangun Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) dari Jakarta ke Singapura sepanjang 1.150 KM.

Demi merealisasikan, mereka telah membeli kapal dari Norwegia. Kini kapal tengah modifikasi ulang di galangan kapal Batam. SKKL ke Singapura lantaran kebutuhan jalur komunikasi dari gateway Singapura masih tinggi.

ilustrasi penggelar skkl di perairan batam/foto defence.gov via detikcom

Triasmitra nantinya akan menami SKKL tadi, "Raising-8", dan kini tengah proses perizinan di Tim Nasional Penataan Alur Pipa dan/atau Kabel Bawah. Targetnya siap pakai kurtal II tahun 2024. SKKL sepanjang 1.150 KM tadi menggunakan teknologi Repeatered, dengan kapasitas 25 Tbps per fiber pair.

Hambatan pengerjaan SKKL ialah terbatasnya kapal penggelar kabel di Tanah Air. Sehingga kontraktor SKKL harus antre mendapatkan jadwal kapal. Triasmitra menjawab dengan membeli kapal Sotra berbendera Norwegia, kini tengah modifikasi menjadi kapal penggelar kabel (cable ship).

Pengerjaan di Pax Ocean Batam, Kepri. Nantinya kapal tadi berganti nama Bentang Bahari, dengan peralatan seperti Remotely Operated Vehicle (ROV), Cable Plough, Cable Engine dan peralatan-peralatan penting lain guna kepentingan penggelaran kabel di kedalaman (water depth) tinggi dan sedang.

Alur Batam Laris

Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), alur Batam menjadi lokasi favorit SKKL. Direktur Perencanaan Ruang Laut Ditjen Pengelolaan Ruang Laut (PRL) KKP Suharyanto mengungkapkan, perairan Batam terutama alur di Selat Singapira tinggi pemanfaatan ruang laut.

Sebab, Singapura hub internaional sistem telekomunikasil kabel bawal laut ke Asia, Eropa, Amerika dan Australia. Perairan Batam telah ditetapkan sebagai jalur penggelaran sistem telekomunikasi kabel bawah laut beserta Beach Main Hole (BMH) dan Landing Stations SKKL Internasional di Tanjung Pinggir dan Tanjung Bembam.

Selain telekomunikasi, SKKL juga dimanfaatkan jalur distribusi energi ke Singapura. Pemain kabel laut, SKKL di Tanah Air, seperti Telin, XL, Triasmitra, dan operator lain. Selain Batam, jalur kabel laut di Tanah Air, semisal akses fiber optik ke Amerika, melalui Manado, Sulut. Lewat Singapura melalui Batam porsinya 97 persen, dan Manado 3 persen. KKP telah mengatur pemanfaatan ruang laut dengan Kepmen KKP No/14/2021.

(*)

Bagikan