Mon. Jun 27th, 2022

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Jurusan Sepi Peminat Di UGM-ITB-UI Besar Peluang Kerja Tembus PNS!

2 min read

ilustrasi via cnbcindonesia.com

Jurusan Sepi Peminat Di UGM-ITB-UI Besar Peluang Kerja Tembus PNS!

angkaberita.id - Nama besar kampus tak menjamin seluruh jurusan kuliah laris manis diburu calon mahasiswa. Terbukti, UGM dan ITB serta UI dari tahun ke tahun ternyata mencatat sejumlah jurusan sepi peminat setiap tahun.

Kebanyakan calon mahasiswa justru berburu jurusan laris manis. Sehingga peluang mereka justru mengecil lantaran besarnya persaingan. Sedangkan kiat menembus kuliah di kampus idola, seperti dilansir sindonews, minggu (15/5/2022), pertama dilakukan kenali kemampuan Anda. Kemudian, membandingkan dengan program studi di kampus tujuan.

Istilahnya, mengukur diri. Jika sudah mantap, asah kemampuan tadi sembari mencermati tingkat persaingan di prodi kuliah tujuan. Kiat lainnya menembus PTN, ialah dengan mencoba jurusan kuliah sepi peminat. Bisa lewat SNMPTN, SBMPTN atau Jalur Mandiri. Nah, kalau Anda ingin berkuliah di UGM dan ITB atau UI tanpa banyak pesaing, bahkan peluang kerja lebih besar, dapat mencoba jurusan berikut:

kampus ugm, bulak sumur, yogyakarta

Universitas Gajah Mada

Meskipun sepi peminat, kabar baiknya jurusan berikut ini justru besar peluang kerjanya. Hanya, selama SNMPTN kemarin, kurang peminat:

  1. Agroteknologi
  2. Agribisnis
  3. Peternakan
  4. Kehutanan
  5. Geografi Lingkungan
  6. Arkeologi
  7. Sejarah
  8. Sastra Jawa
  9. Sastra Prancis
  10. Sastra Jepang
kampus itb, bandung

Institut Teknologi Bandung

Berlokasi di Bandung, ITB merupakan tujuan lulusan SMA di Tanah Air. Namun, ternyata tak semua jurusan tersedia laris manis. Kalau mau mencoba, peluang besar karena pesaing sedikit. Yakni:

  1. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika
  2. Jurusan di Fakultas MIPA
  3. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Program Rekayasa
  4. Jurusan di Fakultas Senirupa dan Desain dengan kampus di Cirebon
kampus ui, depok, jabodetabek

Universitas Indonesia

Kalau ITB, dikenal sekolah teknik, dan UGM kuat perkualiah sosial. UI banyak melahirkan teknokrat di sektor ekonomi dan keuangan, seperti bankir dan sejenisnya. Tak heran, program studi di luar tadi masih rendah persaingannya. Seperti:

  1. Geografi
  2. Fisika
  3. Ilmu Keperawatan
  4. Teknik Perkapalan
  5. Teknik Elektro
  6. Sastra Jawa
  7. Sastra Rusia
  8. Ilmu Filsafat
  9. Arkeologi
  10. Ilmu Sejarah

Padahal, tak sedikit, justru mereka berkuliah di jurusan sepi peminat paling cepat mendapatkan kerja, termasuk PNS. Karena, lowongan CPNS tak melulu soal ekonomi dan hukum saja, tapi juga sejarah, arkeologi, geografi dan sastra.

(*)

Bagikan