Tue. May 17th, 2022

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Lima Gubernur Habis Jabatan Mei, Suhajar Berpeluang Gantikan Ganjar-Anies?

2 min read

anies baswedan dan ganjar pranowo/foto via fajar.co.id

Lima Gubernur Habis Jabatan Mei, Suhajar Berpeluang Gantikan Ganjar-Anies?

angkaberita.id - Mendagri telah melantik lima penjabat gubernur habis masa jabatan bulan Mei. Kecuali Banten, penjabat gubernur lainnya merupakan eselon I di Kementerian. Sekdaprov Banten menjadi satu-satunya pejabat daerah berstatus penjabat kepala daerah.

Lima gubernur habis masa jabatan, yakni Banten, Babel, Gorontalo, Sulbar dan Papua Barat. Mereka habis masa jabatan per 15 Mei, dan penjabat gubernur akan bertugas selama setahun ke depan dengan kewenangan sepenuh gubernur definitif.

"Bersediakah Saudara-saudara mengucapkan sumpah atau janji sesuai agama masing-masing?" ucap Mendagri Tito Karnavian, saat pelantikkan, seperti dilansir detikcom, Kamis (12/5/2022). Tahun 2022, total terdapat tujuh gubernur habis masa jabatan, termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Putra Kepri berpeluang? Berkaca dari lima penjabat gubernur tadi, Suhajar Diantoro Sekjen Kemendagri berpeluang besar menduduki kursi Gubernur Anies atau Gubernur Ganjar. Kenapa? Setidaknya terdapat sejumlah alasan.

Pertama, nama Suhajar tidak termasuk dalam lima penjabat tadi. Sehingga terbuka kesempatan bertarung mengisi kursi penjabat Gubernur DKI Jakarta dan Jawa Tengah. Kedua, kecuali Banten sebagian besar penjabat gubernur berstatus pejabat eselon I di kementerian.

Nah, Suhajar juga merupakan pejabat eselon I Kemendagri. Ketiga, jika memang benar PDIP tak menginginkan kursi penjabat Gubernur DKI dipegang personel TNI-Polri, maka peluang ASN terbuka. Meskipun, konsekuensinya, mereka tak bisa mencalonkan nantinya di Pilkada.

Penjabat ASN, untuk sebagian, juga menjadi kompromi jika kubu lain di DKI Jakarta menginginkan nama-nama di luar usulan PDIP dan rumor personel TNI-Polri. Kandidat penjabat ASN lainnya, tentu saja Sekdaprov DKI Jakarta. Namun, berkaca dari catatan selama ini, penjabat Gubernur DKI Jakarta dalam beberapa waktu terakhir, berasal dari pejabat eselon Kemendagri.

Meski demikian, keputusan akhir penjabat Gubernur, seperti ditegaskan Kapuspen Kemendagri, Benni Irawan, di tangan Presiden Jokowi lewat TPA. Kalau opsi nantinya pejabat Kemendagri, Suhajar paling berpeluang. Saingan terdekat ialah Safrizal dan Bahtiar, nama terakhir penjabat Gubernur Kepri di Pilgub 2020.

Nah, kans Suhajar lebih kuat karena dia menjabat Sekjen Kemendagri, dan pernah menjabat gubernur di dua provinsi berbeda, termasuk Kepri. Secara karir, Suhajar juga paripurna. Dari Sekdaprov Kepi, berlanjut ke Rektor IPDN, Plt Dirjen, Staf Ahli Menteri, dan Sekjen Kemendagri. Kabar buruknya, posisi Sekretaris Kemendagri juga justru pengganjal pertama dia menggantikan Anies dan Ganjar!

(*)

Bagikan