Sun. Sep 25th, 2022

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Melihat THR Pegawai Kemenkeu Di Kepri Dari Slip Tukin!

2 min read

kanwil pajak kepri di batam/foto via batamtoday.com

Melihat THR Pegawai Kemenkeu Di Kepri Dari Slip Tukin!

angkaberita.id - Saat rapat evaluasi realisasi anggaran dan belanja APBD Kepri pekan lalu, Gubernur Ansar mendatangkan tiga petinggi Kemenkeu di Bumi Segantang Lada sekaligus. Yakni, Kepala Pajak, Bea Cukai dan Perbendaharaan Negara.

Terungkap, realisasi anggaran dan belanja APBD Kepri naik dibanding pekan sebelumnya. Hitungan hari, Presiden Jokowi mengumumkan pemberian THR dan Gaji Ke-13 ke ASN di Tanah Air, termasuk Tukin sebesar 50 persen. Khusus ASN bersumber APBN, Menkeu Sri Mulyani menyatakan pencairan mulai besok, Senin (18/4/2022), seiring terbitnya Permenkeu.

Sedangkan ASN bersumber APBD, pembayaran THR mereka menunggu terbitnya Perkada masing-masing kepala daerah di Kepri. ASN Kepri berarti Pergub. Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo mengungkapkan, selain bentuk apresiasi pemerintah ke ASN, juga bekal mudik ASN ke kampung halaman di Lebaran 2022 setelah dua tahun absen akibat COVID-19.

Selebihnya, pemerintah berharap THR dapat mendorong daya beli masyarakat. Di Kepri, berdasarkan data BKN, konsentrasi ASN terpusat ke Batam dan Tanjungpinang. Yakni, Pemko Batam dan Pemprov Kepri, jumlah ASN keduanya lebih 10 ribu orang jika digabungkan. Keseluruhan, termasuk ASN pusat, terdapat hampir 40 ribu ASN di Bumi Segantang Lada.

Slip Tukin

Sebagian besar mereka, termasuk TNI-Polri, terkonsentrasi di Pulau Batam dan Pulau Bintan. Selain pulau utama, juga konsentrasi instansi pemerintahan di Kepri. Batam dengan BP Batam dan Pemko Batam. Bintan dengan Pemko Tanjungpinang, Pemkab Bintan dan Pemprov Kepri. Begitu juga dengan instansi vertikal, terutama Kemenkeu.

Kanwil Pajak berkantor di Batam, Kanwil Bea Cukai berpusat di Karimun, dan Kanwil Perbendaharaan Negara terdapat di Dompak, Tanjungpinang. Ketiganya merupakan bagian dari 10 eselon I di Kemenkeu. Data terakhir, jumlah pegawai Ditjen Pajak terbanyak di Kemenkeu, lebih dari 50 persen struktur kepegawaian mereka.

Bersama Ditjen Bea Cukai, porsi pegawai keduanya lebih dari setengah jumlah keseluruhan PNS di Kemenkeu, per 1 Januari 2020, sebanyak 82.451 orang. Selebihnya tersebar di 8 direktorat jenderal lainnya, termasuk perbendaharaan negara. Sebagian besar mereka berusia milineal.

Bagaimana dengan THR mereka? Pemerintah telah menetapkan, tahun ini sebesar take home pay, minus Tukin 50 persen. Bersama dengan ASN lainnya, mereka menjadi andalan pemerintah mendorong konsumsi publik demi menggeliatkan perekonomian. Kecuali Batam, hampir enam kabupaten/kota lainnya di Kepri mengandalkan "belanja" dari APBN dan APBD.

(*)

Bagikan