Thu. Dec 2nd, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Kejutan NAM Air Ke Natuna, Buka Rute Jakarta Via Batam. Siapa Maskapai Nyusul?

2 min read

water salute penerbangan perdana nam air rute jakarta ke natuna via batam pergi pulang (pp), sabtu (20/11/2021). setiap pekannya, nam air di hari sabtu sekali melayani penerbangan itu, demi membuka akses ekonomi/foto handout kemenhub ri/antara via bisnis.com

Kejutan NAM Air Ke Natuna, Buka Rute Jakarta Via Batam. Siapa Maskapai Nyusul?

angkaberita.id - Natuna, perlahan tapi pasti, agaknya bakal menjadi pusat pertumbuhan baru di Kepri, setelah Batam dan Pinang-Bintan, seiring terus mengalirnya perhatian dan duit Jakarta ke sana. Selain rencana pendirian markas Brimob dan elemen pertahanan lainnya di kabupaten tapal batas, terbaru NAM Air juga membuka rute penerbangan ke sana.

Tak main-main, NAM Air membuka penerbangan Jakarta-Natuna. Kemenhub mengapresiasi langkah bisnis itu, apalagi NAM Air berdalih penambahan rute demi mendukung konektivitas dan aksesibilitas warga dari dan ke Natuna. Sabtu (20/11/2021), NAM Air resmi mengoperasikan penerbangan itu.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub RI, Novie Riyanto berpesan NAM Air tetao mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan, terutama selama pandemi COVID-19. "Langkah maskapai penerbangan dapat mendukung konektivitas dan aksesibilitas masyarakat, dari dan ke Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau," Riyanto, seperti dilansir Katadata, Minggu (23/11/2021).

Kepala Bandara Ranai, Gatot Riadi menjelaskan penerbangan perdana rute Jakarta-Natuna melalui Batam dari NAM Air, merupakan penerbangan carter, dengan jadwal sekali dalam seminggu dengan pesawat jenis Boeing Boeing 737-500, setiap hari Sabtu per pekannya. Pada penerbangan perdana kemarin, NAM Air membawa 115 penumpang dari Jakarta, dengan transit di Batam, tiba di Ranai pukul 11.30 WIB.

Pesawat balik ke Jakarta pukul 12.55 WIB, dengan membawa 93 penumpang dari Natuna ke Jakarta, transit di Batam. Dirjen Riyanto berhatap, kehadiran rute baru segera meningkatkan ekonomi di Natuna. Rute baru terealisasi berkat kerjasama pemerintah pusat, Pemkab Natuna dan maskapai.

Sebelumnya Bandara Ranai hanya melayani penerbangan Batam-Natuna pergi pulang (PP) sebanyak 9 kali dalam sepekan, dengan maskapai Wings Air. Penerbangan perdana kemarin, ditandai water salute dan disaksikan Wabup Natuna Rodhial Huda, Kepala Bandara Ranai dan Direktur Niaga NAM Air, Henoch Iwannuddin Rudy.

Sekadar informasi, bersama Batam dan Tanjungpinang serta Karimun dan Kabupaten Kepri, Natuna merupakan kabupaten pembentuk Provinsi Kepulauan Riau. Bersama Anambas, Natuna juga dikenal kabupaten penghasil migas dan lumbung ikan di Bumi Segantang Lada. Selain banyak desa, seperti Lingga, Natuna juga kaya destinasi wisata, terutama wisata bahari.

Lokasinya di Laut China Selatan menjadi rute dagang lanjutan Selat Malaka. Terbaru, karena kegaduhan di Laut China Selatan, Presiden Jokowi memberikan perhatian khusus ke Natuna sebagai gerbang terdepan pertahanan, termasuk dalam isu FIR dengan Singapura.

(*)

Bagikan