Thu. Dec 2nd, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

UGM Terbanyak Akreditasi A, Akuntansi Juara Prodi

2 min read

universitas maritim raja ali haji (umrah) terakreditasi b. berdasarkan statistik pendidikan tinggi tahun 2020 terbitan kemendikbud akreditasi tertinggi perguruan tinggi di kepri, kelolaan kemendikbud atau di luar kemendikbud dan berstatus ptn atau ptn, ialah b/foto net

UGM Terbanyak Akreditasi A, Akuntansi Juara Prodi

angkaberita.id - Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi perguruan tinggi terbanyak program studi terakreditasi A, alias unggul, yakni sebanyak 205 prodi. Universitas Indonesia (UI) menyusul urutan kedua sebanyak 187 Prodi dan Institut Pertanian Bogor (IPB) ketiga, sebanyak 137 Prodi.

Berdasarkan Statistik Pendidikan Tinggi 2020, seperti dilansir Katadata, Keseluruhan terdapat 6.651 perguruan tinggi terakreditasi di Tanah Air, dengan 4.373 Prodi telah mendapatkan akreditasi. Sebagai informasi, akreditasi merupakan penilaian guna menentukan kelayakan perguruan tinggi dan program studi.

Ada tiga tingkatan akreditasi, termasuk Prodi, yakni A artinya unggul, B predikat baik sekali dan C berarti baik. Khusus Prodi, akuntansi terbanyak akreditasi A, yakni 179 di Tanah Air, menyusul Prodi manajemen sebanyak 169. Urutran ketiga hingga lima besar, masing-masing, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Ilmu Hukum dan Ilmu Komunikasi.

Bagaimana dengan Kepri? Keseluruhan terdapat 34 perguruan tinggi, berdasarkan basis akademik dan rumpun keilmuan, terdiri 8 universitas, 2 institut, 14 sekolah tinggi, 6 akademi, 1 akademi komunitas, dan 3 politeknik, dalam kelolaan Kemendikbud. Jumlah itu sudah termasuk perguruan tinggi berstatus swasta dalam naungan Kopertis, kini istilahnya Lembaga Layanan Dikti.

Jika digabung dengan perguruan tinggi kelolaan kementerian/lembaga lainnya, di Bumi Segantang Lada terdapat 62 perguruan, dengan jumlah Prodi sebanyak 185 Prodi. Dari jumlah itu, berdasarkan akreditasi, terdapat 8 Prodi akreditasi A, alias Unggul.

Khusus Umrah, terdapat puluhan Prodi termasuk jenjang magister, dan tersebar di lima fakultas. Yakni, Fakultas Ekonomi, FISIP, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP), FKIP dan Fakultas Teknik. Hampir sebagian besar terakreditasi B, dengan Prodi Akuntansi pertama berstatus itu, di tahun 2015.

(*)

Bagikan