Sun. May 19th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Bersama Aceh, Rasio Puskesmas Kepri Terendah Di Sumatera

1 min read

gubernur ansar/foto via sijoritoday.com

Bersama Aceh, Rasio Puskesmas Kepri Terendah Di Sumatera

angkaberita.id - Sektor kesehatan selama pandemi COVID-19 paling menjadi sorotan, termasuk rasio keberadaan Puskesmas. Kecuali Papua Barat dan Papua, seluruh provinsi di Tanah Air setidaknya memiliki satu Puskesmas per kecamatan. Secara nasional, tahun 2020, rasio Puskesmas per kecamatan ialah 1,4.

Namun, masih terdapat 11 dari 34 provinsi di Tanah Air rasio Puskesmas di bawah rata-rata nasional, termasuk Kepri. Bahkan, bersama Aceh termasuk terendah rasionya di Sumatera. Seperti dilansir Katadata mengutip data Kemenkes RI, rasio di bawah 1 menunjukkan belum semua kecamatan memiliki puskesmas.

Papua dan Papua Barat, rasio Puskesmas, masing-masing, 0.8 dan 0.7. Bandingkan dengan DKI Jakarta, rasio Puskesmas 7.2. Artinya, per kecamatan di ibukota, terdapat 7.2 Puskesmas. Berapa jumlah Puskesmas di Tanah Air? Berdasarkan data Profil Kesehatan Kemenkes, per tahun 2018 terdapat 9.993 Puskesmas.

Sebanyak 3.623 di antaranya memiliki layanan rawat inap. Jawa Barat paling banyak Puskesmas, 1.069 Puskesmas. Jawa Timur dan Jawa Tengah menyusul kedua dan ketiga, masing-masing, 967 dan 881 Puskesmas. Kondisi itu menyesuaikan konsentrasi penduduk, dan Jawa konsentrasi penduduk di Tanah Air.

(*)

Bagikan