Tue. Sep 21st, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Webinar BPS, Agar Lokasi Strategis Kepri Tak Sekadar Macan Kertas?

2 min read

pada tahun 2015, kepri merupakan provinsi terkaya di Sumatera dengan pendapatan perkapita Rp 103 juta, secara nasional berada di urutan tiga besar, hanya kalah dari DKI Jakarta dan Kalimantan Timur. Jembatan Fisabilillah menghubungkan pulau batam dengan pulau rempang/foto via id.wikipedia.org

Webinar BPS, Agar Lokasi Strategis Kepri Tak Sekadar Macan Kertas?

angkaberita.id – Lokasi strategis Kepri, dalam perspektif komparatif maupun kompetitif, tak akan berarti apa-apa jika pemangku kepentingan di Bumi Segantang Lada tidak mengenali sari pati potensi kewilayahan saat mendesain kebijakan pertumbuhan ekonomi daerah.

Jika berlanjut, bukan mustahil pertumbuhan ekonomi sekadar capaian angka semata. Nah, mengantisipasi terjadinya pertumbuhan ekonomi tak berkualitas, untuk sebagian, diperlukan “alat” guna menentukan kebijakan agar sesuai kebutuhan dan tepat sasaran.

Pendekatan Inter Regional Input-Output (IRIO) dapat menjadi “alat” menjawab kebutuhan itu. Sebab, IRIO memberikan informasi mengenai struktur ketergantungan sektoral maupun ketergantungan antarwilayah. Berangkat dari argumentasi itu, BPS Kepri mengadakan webinar memperingati Hari Statistik Nasional, Kamis (16/9/2021) mulai pukul 08.30 WIB.

Sejumlah narasumber hadir dalam seminar daring bertema Tabel Inter Regional Input Output (IRIO) untuk Pertumbuhan Ekonomi Kepulauan Riau Yang Berkualitas, di antaranya: Kepala BPS Kepri Agus Sudibyo, Kepala Bapperenlitbang Kepri Andri Rizal, Kepala BI Kepri Musni Hardi K. Atmaja, Akademisi FE UMRAH, Tumpal Manik, dan Deputi Bidang Neraca Dan Analisis BPS Pusat, Moh Edy Mahmud sebagai pembicar kunci.

Sekadar informasi, beberapa hari terakhir, Kepri menjadi tujuan kunjungan sejumlah kalangan. Seperti DPR, DPD hingga Kementerian. Mereka turun mendengar aspirasi dan masukan dari Kepri bagi perencanaan pembangunan ke depan, termasuk di Bumi Segantang Lada.

DPR dan DPD semisal, mereka turun terkait RUU Landas Kontinen dan RUU Daerah Kepulauan. Kemudian Kementerian ATR/Badan Pertanahan Nasional dan Kementerian PPN/Bappenas, masing-masing soal kebijakan agraria dan sinkronisasi kebijakan pembangunan MCC. Anda berminat mengetahui seluk beluk IRIO?

Silakan mendaftar melalui link http://s.bps.go.id/iriokepri, atau langsung ke kanal zoom meeting http://s.bps.go.id/Irio_Kepri dan youtube http://s.bps.go.id/Irio-Kepri. Tersedia e-Certificate bagi pengisi link presensi saat acara berlangsung, dan pulsa gratis bagi 10 penanya terbaik. (*)

Bagikan