Tue. Sep 21st, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

ASI Eksklusif, Kenapa Ibu-ibu Muda Di Kepri Nggak Suka Nyusui Bayinya?

1 min read

seorang ibu tengah menyusui buah hatinya. Bayi ternyata membutuhkan kenyamanan saat menyusu. Itulah mengapa kadang ada bayi hanya suka menyusu di satu sisi payudara saja/foto istock via liputan6.com

ASI Eksklusif, Kenapa Ibu-ibu Muda Di Kepri Nggak Suka Nyusui Bayinya?

angkaberita.id – Kalangan medis menyarankan ASI eksklusif bagi bayi. Sebab Air Susu Ibu (ASI) asupan terpenting bagi bayi sejak lahir hingga enam bulan pertama sejak kelahiran. ASI banyak mengandung nutrisi dan zat antibodi bagi keperluan tumbuh kembang Balita.

Karenanya, minimal ibu habis melahirkan dianjukan ASI eksklusif selama enam bulan pertama. Data BPS, seperti dikutip Katadata, Yogyakarta paling peduli memberikan ASI eksklusif ke bayinya. Berdasarkan data proporsi bayi usia kurang dari enam bulan mendapatkan ASI eksklusif di Tanah Air, Yogyakarta tembus 78,93 persen pada 2020.

Proporsi sebesar itu sekaligus tertinggi dibandingkan 33 provinsi lainnya di Tanah Air. Secara nasional, rata-rata ASI eksklusif di angka 69,52 persen. Bersama Yogyakarta, terdapat 12 provinsi dengan ASI eksklusif di atas rata-rata nasional. Bagaimana dengan Kepri? Kepri menjadi bagian 21 provinsi dengan proporsi di bawah rata-rata nasional.

Bahkan, kecuali Sumatera Utara dan Bangka Belitung, Kepri dibandingkan 6 provinsi lainnya di Sumatera terhitung paling rendah proporsinya. Sedangkan provinsi dengan proporsi bayi kurang dari enam bulan dengan ASI eksklusif paling rendah ialah Kalimantan Tengah, yakni 52,98 persen. Sumatera Utara satu tingkat di atasnya sekaligus terendah di Sumatera sebesar 53.39 persen. (*)

Bagikan