Mon. Oct 25th, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Diskusi Online: Klinik Tanpa Kasir NU, Ikhtiar Melawan Pandemi

2 min read

klinik tanpa kasir rintisan pcnu tanjungpinang/foto dokumentasi klinik tanpa kasir pcnu tanjungpinang

Diskusi Online: Klinik Tanpa Kasir NU, Ikhtiar Melawan Pandemi

angkaberita.id – Ibarat perlombaan lari, pandemi COVID-19 tak ubahnya lomba maraton. Pemenangnya bukan siapa tercepat atau terkuat, tapi siapa paling siap dan tercepat beradaptasi dengan tekanan situasi perlombaan. Dalam bahasa medis, paling siap dengan kapasitas layanan kesehatan, termasuk vaksinasi, dan tercepat beradaptasi dengan disiplin protokol kesehatan.

Selain telah mengharu biru di sekujur dunia, pandemi COVID-19 selama setahun terakhir, juga seperti menguji fondasi kemanusiaan. Yakni, kesetiakawanan, kepedulian dan gotong royong. Tanpa partisipasi publik, dalam semesta persoalan pandemi, pemerintah tak bisa sendirian menanganinya.

Karena itu, perlu inisiatif masyarakat, termasuk melalui organisasi kemasyarakatan di dalamnya, dalam upaya memastikan kegotongroyongan menghadapi pandemi masih ada. Di Kepri, khususnya Tanjungpinang, untuk sebagian, inisiatif seperti itu hadir lewat klinik tanpa kasir kelolaan PCNU Tanjungpinang.

Dengan front berbeda, klinik tanpa kasir dokter Syamsurizal, demikian namanya, menghadirkan semangat kesetiakawanan, kepedulian dan kegotongroyongan atas nama kemanusian melalui layanan kesehatan tanpa biaya. Sehingga publik memiliki pilihan berobat di saat sebagian besar fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan berjibaku menangani pandemi dan tak kenal lelah memvaksinasi COVID-19 warga.

Memang bukan pengobatan paripurna, namun hadirnya klinik tanpa kasir menjawab keterbatasan masyarakat mengakses fasilitas kesehatan dalam kondisi pandemi, terutama demi tujuan pencegahan dan pengecekan kondisi kesehatan diri. Benarkah? Apa alasan di balik pendiriannya? Siapa perintisnya? Bagaimana siasat mengedukasi warga pentingnya kesehatan publik, khususnya protokol kesehatan, di tengah situasi pandemi COVID-19?

Nah, menjawab sejumlah pertanyaan itu, GoCast diskusi online kolaborasi angkaberita.id dan gotvnews.co.id hadir mendiskusikannya dengan narasumber Juramadi Esram, Ketua PCNU Tanjungpinang, dan Dokter Hisnindarsyah Kepala Klinik Tanpa Kasir Dokter Syamsurizal, Rabu (23/6/2021) mulai pukul 20.00 WIB.

Anda dapat menyaksikannya secara live, termasuk berpartisipasi secara interaktif selama acara berlangsung. Diskusi online GoCast malam nanti merupakan episode ketiga setelah episode pekan lalu mengangkat topik Staf Khusus: (Gubernur Ansar) Kenapa Heboh? Penasaran? Anda dapat menyimak lengkap jalannya diskusi di sini.

(*)

Bagikan