Sun. Jun 20th, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Tempat Hiburan Picu Lahirnya Desa Perkotaan?

1 min read

berkurangnya jumlah petani dan kian tersedianya akses kepentingan publik seperti sekolah, pertokoan, pasar, dan untuk sebagian, hadirnya tempat hiburan mengakibatkan jumlah perdesaan di tanah air selama 10 tahun terakhir berkurang hingga 15 ribu, mereka berubah menjadi desa perkotaan berdasarkan riset bps/foto petani via gambarkartunmu,blogspot.com

Tempat Hiburan Picu Lahirnya Desa Perkotaan?

angkaberita.id – Berkurangnya petani dan kian tersedianya akses publik seperti sekolah, pasar, pertokoan, rumah sakit dan sejumlah tempat hiburan, mengakibatkan perlahan namun pasti jumlah perdesaan di Tanah Air berkurang.

Sebaliknya, benih perkotaan kian bertambah. Seperti dilansir Katadata mengutip kajian BPS, jumlah desa terurbanisasi dan akhir berstatus perkotaan di Tanah Air mencapai 29,6 ribu atau 35,31 persen dari jumlah keseluruhan desa pada 2020. Jumlah itu meningkat 15,8 ribu, atau 20,4 persen pada 2010.

Sebaliknya, desa perkotaan tercatat sebanyak 54.297 atau 64,69 persen pada tahun lalu, atau berkurang dibandingkan tahun 2010 sebanyak 61.340 desa atau 79,53 persen. Perubahan desa perdesaan menjadi desa perkotaan, untuk sebagian, akibat meningkatnya kepadatan penduduk per kilometer persegi.

Juga akibat berkurangnya persentase keluarga pertanian di suatu desa. Serta, terpenting, kian tersedianya akses publik identik dengan perkotaan, seperti seperti sekolah, pasar, pertokoan, rumah sakit, hotel, bilyar, pub, dan diskotek. Begitu juga dengan persentase keluarga menggunakan telepon kabel dan listrik juga meningkat. (*)

Bagikan