Sun. Jun 20th, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Kenapa Berat Sapi Di RPH Kunci Promosi Dinas Peternakan?

1 min read

sapi merajai rumah potong hewan (rph) di tanah air dengan berat rata-rata secara nasional hampir 400 kilogram per ekor. rata-rata itu juga menggambarkan produksi sapi secara nasional/foto via dunia sapi.com

Kenapa Berat Sapi Di RPH Kunci Promosi Dinas Peternakan?

angkaberita.id – Sapi masih merajai rumah potong hewan (RPH) di Tanah Air. Bahkan, untuk sebagian, menjadi ukuran berprestasi atau tidaknya seorang kepala dinas terkait. Data BPS, rata-rata berat keseluruhan sapi dipotong di RPH seberat 399,72 kilogram per ekor pada 2020.

Nah, angka itu terbesar dibanding ternak potong lainnya di RPH. Kerbau menyusul kedua dengan rerata berat saat dipotong mencapai 354,51 kilogram per ekor. Kuda mencapai 207,16 kilogram per ekor. Sedangkan babi rerata berat saat dipotong di RPH, seberat 101,03 kilogram per ekor.

Bagaimana dengan kambing dan domba? Data sama mencatat, rerata berat domba dan kambing potong, masing-masing, 30,08 kilogram dan 28,48 kilogram. Enam ternak tadi paling sering dikonsumsi dagingnya di Tanah Air.

Rata-rata berat hewan ternak potong di RPH menjadi satu dari sekian parameter menghitung total produksi daging per tahun. Jika di wilayah tak memiliki RPH, data pemotongan ternak diperoleh dari catatan dinas peternakan setempat. (*)

Bagikan