Sun. Jun 20th, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

COVID-19: Vaksin AstraZeneca Kepri Tiba Bertahap, Batam Dapat Jatah 40 Ribu Dosis

2 min read

vaksin astrazeneca jatah kepri tiba, selasa (23/3/2021) dan hari ini, rabu (24/3/2021) langsung didistribusikan ke batam dan tanjungpinang, sebagai tahap awal seiring bertahapnya kedatangan vaksin menyasar lansia, tenaga pendidik dan tokoh agama di kepri itu. kepala dinkes batam didi kusmarjadi mengaku jatah batam sebanyak 40 ribu dari 50 ribu dosis jatah kepri/foto via kumparan.com

COVID-19: Vaksin AstraZeneca Kepri Tiba Bertahap, Batam Dapat Jatah 40 Ribu Dosis

angkaberita.id – Kepala Dinkes Kepri memastikan vaksin AstraZeneca jatah Kepri tidak seluruhnya dialokasikan ke Batam. Seluruh kabupaten dan kota di Bumi Segantang Lada bakal kebagian, meskipun tahap awal pendistribusian terbatas ke Batam dan Tanjungpinang.

“(Pendistribusian awal) Batam dan Pinang. Kan, Vaksin AZ (AstraZeneca) datangnya juga bertahap. Berikutnya juga ke daerah lain,” tegas Mohammad Bisri, Kepala Dinkes Kepri, melalui pesan WA, Selasa (23/3/2021). Kemarin, vaksin sebanyak 5.000 vial, setara 50 ribu dosis tiba di Kepri, menumpang pesawat Garuda Indonesia.

Dinkes, rencananya, mendistribusikan hari ini, Rabu (24/3/2021) ke Batam dan Tanjungpinang. Selain ke tenaga pendidik, vaksin pabrikan Inggris hasil riset peneliti Oxford University, itu juga diberikan ke Lansia dan tokoh agama di Kepri. Jumat lusa, imam masjid di Kepri bakal mendapatkan vaksinasi itu.

Terpisah, Dinkes Batam memastikan, dari 50 ribu dosis vaksin AstraZeneca, Batam bakal kebagian 40 ribu dosis sendiri. Sedangkan 10 ribu dosis selebihnya, bakal didistribusikan ke kabupaten/kota lainnya di Kepri. “Total (vaksin) 50 ribu dosis, dikasih ke kita (Batam) 40 ribu dosis,” ungkap Didi Kusmarjadi, Kepala Dinkes Batam, melalui pesan WA, Rabu (24/3/2021).

Didi menambahkan, penambahan vaksin AstraZeneca sebanyak itu bakal dialokasikan ke vaksinasi warga Lansia, dan kelompok warga prioritas lainnya. Seiring kebijakan pembukaan pariwisata Kepri, khususnya di Nongsa dan Lagoi, per 21 April mendatang, pekerja sektor pariwisata di Batam langsung mendapatkan vaksinasi massal COVID-19.

Dengan penambahan AstraZeneca, berarti vaksinasi di Batam menggunakan dua jenis vaksin. Yakni, Sinovac dan AstraZeneca. Vaksinasi ke pekerja sektor pariwisata sejalan dengan tekad Gubernur Kepri Ansar Ahmad di depan Wakil Menkes melakukan percepatan vaksinasi demi memulihkan perekonomian.

Kemenkes RI sendiri, seperti diakui Wakil Menkes, pendistribusian AstraZeneca ke Kepri merupakan bagian percepatan distribusi mengejar tenggat kedaluwarsa vaksin pada Mei mendatang. Selain Kepri, vaksin AstraZeneca juga didistribusikan ke enam provinsi lainnya.

(*)

Bagikan