Thu. Jul 29th, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

COVID-19: Bukan Menakuti, Corona Varian Inggris Jangkiti Tetangga Kepri. Be Prepare!

2 min read

satgas covid-19 mendeteksi enam kasus covid-19 varian inggris di tanah air, dua di antaranya di sumatera utara dan sumatera selatan/foto via bbc.com

COVID-19: Bukan Menakuti, Corona Varian Inggris Jangkiti Tetangga Kepri. Be Prepare!

angkaberita.id – Pemerintah memerintahkan setiap pelaku perjalanan dari luar negeri wajib karantina, meskipun hasil PCR Test negatif menyusul terdeteksinya pandemi COVID-19 varian Inggris di Tanah Air.

COVID-19 varian B117 Inggris, secara global terkluster di Afrika Selatan dan Brazil, bahkan telah berjangkit di dua padat penduduk dari tiga pulau terjangkit di Tanah Air. Yakni, Jawa, Kalimantan dan Sumatera. Jubir Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito mengungkapkan, berdasarkan laporan whole genom sequencing (WGS) per 7 Maret 2021 terdeteksi sebanyak 539 sequence genetik.

Sebanyak 515 merupakan pelacakan sequence lengkap, dan terkumpul enam sampel dengan varian B117 kurun Januari-Februari 2021. Mereka terdeteksi di DKI Jakarta sebanyak tiga sampel. Kalimantan Selatan satu sampel. Kemudian di Sumatera Utara dan Sumatera Selatan, masing-masing, satu sampel.

Keseluruhan, seperti dilansir Katadata, terdapat 6 kasus COVID-19 varian Inggris. “Apa yang disampaikan ini bentuk komitmen pemerintah dalam transparansi, bukan membuat masyarakat panik,” ujar Wiku, Selasa (9/3/2021). Berbekal temuan itu, pemerintah bertindak cepat dengan memperketat proses kedatangan pelaku perjalanan luar negeri.

Satgas menerbitkan Surat Edaran Ketua Satgas Nomor 8 Tahun 2021, setiap WNA tidak diperbolehkan masuk ke Tanah Air, kecuali termasuk kriteria Permenkum HAM Nomor 26 Tahun 2020. “Atau mendapatkan pertimbangan izin khusus secara tertulis dari kementerian atau lembaga,” kata Wiku.

Sedangkan WNI, lanjut Wiku, setibanya dari luar negeri wajib karantina meskipun membawa hasil PCR Test negatif. Kewajiban itu demi memastikan tidak termutasinya COVID-19 varian Inggris. Peneliti juga mempelajjari varian Inggris itu, terutama karakteristik genetik dan perubahan perilaku virus.

(*)

Bagikan