Sat. Jan 23rd, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

COVID-19: Sebanyak 1,8 Juta Guru Honorer Dapat Bantuan Rp 2,4 Juta, Anda Sudah Terdaftar?

2 min read
menteri pendidikan dan kebudayaan yakin dalam lima tahun ke depan guru honorer bisa terangkat semua asal pemerintah menyetujui penggajian mereka pakai dau sehingga sebesar umr/foto via makassar.tribunnews.com

COVID-19: Sebanyak 1,8 Juta Guru Honorer Dapat Bantuan Rp 2,4 Juta, Anda Sudah Terdaftar?

angkaberita.id – Pemerintah memastikan guru honorer mendapatan bantuan subsidi gaji atau upah (BSU) total sebesar Rp 2,4 juta, dengan penyaluran melalui Kemendikbud. Jumlah sebesar itu, sama persis dengan bantuan langsung tunai (BLT) pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta, dengan penyaluran melalui Kemenakertrans.

Berdasarkan data, seperti ditulis detik.com, terdapat 1,8 juta guru honorer berhak BSU sebesar Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan ke depan. “Sama (nominalnya dengan bantuan subsidi gaji di Kementerian Ketenagakerjaan), sama Rp 2,4 juta,” kata Rudy Salahudin, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya saing UKM Kemenko Bidang Perekonomian.

Bantuan ke guru honorer itu, menurut Rudy, langsung ditransfer ke rekening guru bersangkutan melalui perbankan, sama persis dengan BLT pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (P3K). Data 1,8 juta guru honorer dikumpulkan dari Kemenkdukbud.

“Jadi nanti mereka (Kemendikbud) yang akan mengeksekusi itu,” tegas Rudy. Sebelumnya Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menyatakan, pemerintah menyiapkan BSU ke guru honorer. Sebelumnya Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mengklaim telah menyalurkan subsidi gaji ke 398.637 tenaga pendidik dan guru honorer di tanah air.

Hingga 14 September kemarin. Sehingga, bila ditotal dana PEN tersalur ke seluruh pekerja bergaji di bawah Rp 5 juta berhak bantuan itu, mencapai Rp 7 triliun, atau setara 17,43 persen dari pagu anggaran Rp 37,87 triliun.

(*)

Bagikan