Mon. Oct 25th, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Di Jerman, Mengurung Seharian Anjing Piaraan Termasuk Pelanggaran Hukum

1 min read

mengikat seharian anjing piaraan di rumah termasuk pelanggaran hukum di jerman/foto sekawanan anjing jerman via germanculture.com

Di Jerman, Mengurung Seharian Anjing Piaraan Termasuk Pelanggaran Hukum

angkaberita.id – Demi memastikan 9,4 juta ekor anjing peliharaan di Jerman sehat, dan tak kegemukan, pemerintah menerbitkan perundangan khusus. Tak hanya itu, pemilik juga harus memastikan hak-hak anjing peliharaannya terpenuhi.

Berdasarkan Dogs Act (Hundeverordnung), Kementerian Pertanian Jerman mewajibkan anjing peliharaan dibawa jalan-jalan keluar rumah minimal sejam setiap harinya. Kementerian berdalilh, ketentuan itu berdasarkan hasil riset jika anjing ternyata juga membutuhkan aktivitas dan sosialisasi dengan lingkungan.

Dalam bahasa Julia Klöckner, Menteri Pertanian Jerman, “(Perlu) aktivitas cukup dan kontak dengan lingkungan,” termasuk dengan hewan peliharaan lainnya, orang atau lingkungan. Mengikat anjing peliharaan dalam waktu lama juga dilarang. Bahkan, seperti ditulis The Guardian mengutip perundangan itu, anjing peliharaan tak boleh ditinggal seharian di rumah.

Statistic: Number of dogs in the European Union in 2018, by country (in 1000s) | Statista
Find more statistics at Statista

Pemilik diharuskan memperhatikan anjing peliharaannya beberpa jam setiap harinya. Meskipun baru akan diterapkan tahun depan, kontan keluarnya perundangan khusus anjing itu mengundang perdebatan publik.

Persoalannya, bagaimana memastikan perundangan itu dapat dipatuhi, terutama memastikan 19 persen rumah tangga di Jerman pemelihara anjing piaraan patuh dengan aturan itu. Di Jerman, anjing merupakan hewan piaraan terbanyak kedua setelah kucing.

Namun palu telah diketuk, dan pemerintah 16 negara bagian di Jerman harus memastikan perundangan itu dijalankan nantinya. Jerman sendiri dikenal memeliharan anjing piaraan sudah menjadi tradisi. Tak heran, dunia mengenal anjing asli Jerman berkelas, termasuk anjing jenis pemburu. (*)

Bagikan