Sat. Apr 13th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Heboh RUU Ketahanan Keluarga, Ini Peta Sebaran Kasus KDRT Tertinggi. Kepri Termasuk?

1 min read

jawa barat dan jawa timur tak hanya menjadi penyumbang jumlah penduduk terbanyak di tanah air, namun juga tertinggi jumlah kasus kdrt-nya sepanjang 2018/foto ilustrasi via detik.com

Heboh RUU Ketahanan Keluarga, Ini Peta Sebaran Kasus KDRT Tertinggi. Kepri Termasuk?

angkaberita.id – Selain isu resafel kabinet, jagat politik di tanah air dihebohkan dengan polemik RUU Ketahanan Keluarga. Kalangan pendukung menyebut demi menyelamatkan masa depan bangsa melalui keluarga.

Kubu penentang menuding, isi draft terlalu jauh mengurusi ranah privat. Di antara tujuan RUU Ketahanan Keluarga, meskipun tidak eksplisit, ialah menjadikan keluarga benteng pertahanan dari ancaman perceraian.

Setiap tahunnya, angka perceraian di tanah air terus meningkat dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) berada di urutan keempat terbesar pemicu di baliknya pada tahun 2018, yakni 8.764 kasus. Lalu provinsi manakah paling banyak ditemukan kasus KDRT tertinggi di tanah air?

Berdasarkan riset Katadata mengutip data BPS, Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur beda-beda tipis soal urusan KDRT, masing-masing, sebanyak 1.459 dan 1.455 kasus. Hanya beda empat kasus saja! Keduanya juga memiliki jumlah penduduk terbanyak di tanah air, dengan Jawa Barat menjadi paling banyak.

Secara geografis, kasus KDRT banyak terjadi di Jawa lantaran jumlah penduduknya terbesar sehingga prevalensinya tinggi. Sebaran terbanyak kedua di Sulawesi, setidaknya jika merujuk sebaran provinsi dalam daftar 10 besar nasional, dengan Sulawesi Selatan paling tinggi sekaligus empat besar di tanah air. Setelahnya Sumatera, Kalimantan dan Sumbawa. (*)

Bagikan