Mon. Apr 22nd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

WHO: Virus Wuhan Gawat Darurat Global, Ini Negara Paling Rentan Terjangkit

1 min read

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengumumkan penetapan darurat kesehatan global atas wabah virus corona, di Jenewa, Swiss, Kamis (30/1/2020)/foto Twitter@WHO via Katadata.co.id

WHO: Virus Wuhan Gawat Darurat Global, Ini Negara Paling Rentan Terjangkit

angkaberita.id – Terus bertambahnya korban meninggal akibat serangan virus wuhan dan meluasnya sebarang infeksi mendorong Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan kondisi gawat darurat global serangan virus wuhan per Kamis (30/1/2020) waktu setempat.

WHO mengkhawatirkan serangan bakal meluas, terutama di negara dengan sistem kesehatan lemah. Hingga Kamis (30/1/2020) waktu setempat, atau Jumat (31/1/2020) pukul 13.22 WIB, jumlah korban meninggal sebanyak 213 orang di berbagai penjuru dunia. Sebanyak 9.776 terinfeksi virus itu.

Di Provinsi Hubei, lokasi diduga muasalnya epidemi wirus wuhan korban meninggal menjadi 204 jiwa, dengan 9.692 orang terinfeksi. Virus itu terdeteksi di akhir Desember 2019, dan kini telah 100 kasus dilaporkan di 18 negara, selain China. Kasus terbaru dilaporkan di Italia sekaligus menjadi kasus pertama di Italia dan diduya berasal dari dua wisatawan China.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengkhawatirkan sebaran kasus ini, terutama di negara dengan sumber daya dan kemampuan menangani serangan virus wuhan, terbatas. Namun dia memuji langkah China menangani wabah itu.

“Alasan utama bukan karena apa yang terjadi di Tiongkok, tetapi karena apa yang terjadi di negara lain. Kekhawatiran terbesar kami adalah potensi penyebaran virus ke negara-negara dengan sistem kesehatan yang lebih lemah,” katanya di Jenewa, Swiss, seperti dilansir Katadata. (*)

Bagikan