Fri. Jul 19th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Data CTBUH: Diam-diam Negeri Ini Getol Bangun Gedung Pencakar Langit, Ini Total Ketinggiannya

1 min read

negara-negara di asia, termasuk indonesia paling banyak membangun gedung pencakar langit yang selesai di tahun 2019. pemandangan gedung pencakar langit di korea selatan/foto via fubiz.net

Data CTBUH: Diam-diam Negeri Ini Getol Bangun Gedung Pencakar Langit, Ini Total Ketinggiannya

angkaberita.id – Ternyata negeri ini termasuk negara paling getol membangun gedung pencakar langit. Tidak percaya? Seperti ditulis Katadata mengutip data The Council on Tall Building and Urban Habitat (CTBUH), sepanjang tahun 2019 terdapat 22 negara tuntas membangun gedung pencakar langit.

Gedung tersebut memiliki tinggi paling rendah 200 meter. Keseluruhan, berdasarkan data CTBUH per 15 Januari 2020, terdapar 126 unit bangunan tuntas pembangunannya. Terdapat 11 negara di antaranya membangun lebih dari satu gedung pencakar langit.

Tiongkok berada di urutan terbanyak dengan 56 gedung. Total ketinggiannya mencapai 15.262 meter. Amerika Serikat menguntit di urutan keduanya dengan penyelesaian sebanyak 14 gedung, dengan total ketinggiannya 3.750 meter.

Berdasarkan geografi, negara di kawasan Asia mendominasi penyelesaian bangunan pencakar langit, termasuk di tanah air. Dalam daftar ini, negeri kita berada di urutan 11 dengan total ketinggian gedung pencakar langit selesai di tahun 2019 mencapai 498 meter.

Selain Tiongkok dan Indonesia, negara Asia lainnya dalam daftar ini ialah Uni Emirat Arab, Malaysia, India, Filipina, Korea Selatan dan Thailand. (*)

Bagikan