Sun. Jul 21st, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Daihatsu Mobil Terlaris di Jepang 2019, Kenapa Model Kotak Melangit

2 min read

mobil keluaran daihatsu, n-box merajai penjualan sekaligus menjadi mobil mungil (kei car) terlaris di jepang sepanjang 2019/foto via bestsellingcarblog.com

Daihatsu Mobil Terlaris di Jepang 2019, Kenapa Model Kotak Melangit

angkaberita.id– Seperti Jerman dan Amerika Serikat, Jepang merupakan produsen mobil jempolan. Di tanah air, mobil pabrikan Jepang merajai jalanan di sekujur negeri. Bahkan, Toyota Avanza menuju pencapaian 2 juta unit sejak dua windu diperkenalkan di Indonesia.

Seperti tetangga di jazirah Asia Timur, orang Jepang dikenal mencintai produk dalam negerinya, termasuk mobil. Bedanya dengan tanah air, di Negeri Matahari Terbit, mobil jenis Minicar atau Microvan mendominasi penjualan di sana.

Mobil Kei, istilah di Jepang, menguasai pasar mobil. Seperti dilansir Statista mengutip laporan Asosiasi Diler Mobil Jepang, lima dari delapan mobil terlarid di Jepang sepanjang 2019, ialah jenis Mobil Kei (Kei Car) alias mobil mungil.

Berada di puncak daftar ialah Honda Honda N-Box sekaligus menempatkannya selama tiga tahun berturut-turut sebagai mobil terlaris di Jepang, dengan penjualan sebanyak 253.500 unit.

Seperti namanya, N-Box, mobil pabrikan Honda ini benar-benar manifestasi Kei Car, yakni bentuknya kotak sehingga meminimalkan ukuran mobil sekaligus memaksimalkan luasan interior mobilnya.

Berdasarkan laporan itu, hampir seluruh Kei Car pabrikan dalam negeri. Dua Kei Car keluaran Daihatsu termasuk dua produk terlaris sepanjang 2019, yakni Daihatsu Tanto dan Move. Sebaliknya, hampir seluruh mobil jenis non Kei Car terlaris sepanjang 2019, dalam 10 besar, pabrikan Toyota.

Kei Car dibatasi aturan haru panjang 3,4 meter, dengan tinggi 2 meter dan lebar bodi 1,48 meter. Mesin mobil juga dibatas dengan kapasitas 0,66 liter. Insentif fiskal diberikan pemerintah Jepang terhadap produsen mobik jenis ini, seperti insentif pajak dan asuransi.

Secara teknis, mobil jenis ini juga mudah diparkirkan, sekaligus menjadikannya alasan paling sering diungkap konsumen memiliki Kei Car. Mobil jenis ini juga telah diproduksi dan dipasarkan di India, namun belum menuai kesuksesan seperti di Jepang. (*)

Bagikan