Sun. Jan 23rd, 2022

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Tahun 2100: 5 Negara Terbesar Dunia Ada di Afrika, Indonesia Nomor 7

2 min read

benua asia merupakan benua terpadat di dunia, sedangkan afrika merupakan benua paling banyak jumlah negaranya. namun pada tahun 2100, lima dari 10 dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia berada di afrika/foto via globe.gov

Tahun 2100: 5 Negara Terbesar Dunia Ada di Afrika, Indonesia Nomor 7

angkaberita.id – Tahun 2100, lima negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia berada di Benua Afrika. India bakal melewati China menjadi negara terbanyak pertama penduduknya di dunia, dengan jumlah penduduk sebanyak 1.450 juta jiwa.

China berada di urutan kedua sebanyak 1.065 juta jiwa. Nigeria menyusul di urutan ketiga dengan penduduk sebanyak 733 juta jiwa. Amerika Serikat dan Pakistan menggenapi di urutan keempat dan kelima, masing-masing, sebanyak 434 juta jiwa dan 404 juta jiwa.

Sedangkan Indonesia bertengger di urutan ketujuh dunia, dengan jumlah penduduk sebanyak 321 juta jiwa. Praktis, seperti ditulis Statista mengutip riset Pew Research Center di Amerika Serikat, hanya Amerika Serikat satu-satunya negara belahan dunia barat dengan jumlah penduduk terbanyak.

Selebihnya didominasi negara Asia dan Afrika. Benua Afrika bahkan menempatkan lima negaranya di dalam daftar itu, yakni Nigeria, Ethiopia, Tanzania, Mesir dan Republik Demokratik Kongo.

Tingginya pertumbuhan penduduk di Benua Afrika menjadikannya beranak pinak dengan cepat. Sedangkan Asia, kendati bertambah penduduknya, namun tak sebanyak negara-negara di Afrika.

China dan Bangladesh berdasarkan kajian itu, malah berkurang penduduknya pada tahun 2010. Sebagian akibat tingginya standar pendidikan dan kehidupan di dua negara itu, sehingga menurunkan angka kelahiran penduduknya.

Bagaimana dengan negara di Benua Eropa? Tahun 1950, sehabis perang dunia pertama dan kedua, pertumbuhan penduduknya pesat dan termasuk banyak penduduknya di dunia saat itu. Namun 150 tahun kemudian, jumlah penduduk mereka bakal berkurang.

Secara umum, penduduk dunia masih tumbuh pesat, meskipun angka kelahiran secara global menurun. Saat ini, angka kelahir bertengger di angka 2,5 kelahiran per wanita di sekujur dunia. Namun periset kependudukan PBB menemukan angka kesuburan global terus menurun. Tahun 2100 diperkirakan hanya 1,9 kelahiran per wanita. (*)

Bagikan