Mon. Apr 22nd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

pelabuhan batuampar menjadi gerbang penggerak perekonomian di kepri lewat ekspor/foto pt pelindo 1 via maritimenews.id

Ekonomi Sumatera: Pertumbuhan Kepri Terseok Di Antara Bengkulu Dan Jambi

angkaberita.id – Menjadi penopang perekonomian di tanah air setelah Pulau Jawa, kondisi produk domestik bruto (PDRB) Sumatera di kuartal III tahun 2019 cukup melegakan.

Secara umum, PDRB di Sumatera bertumbuh sebesar 4,49 persen. Sumatera Selatan, seperti ditulis Katadata mengutip data BPS, kuartal ini tertinggi pertumbuhannya, sebesar 5,67 persen dari periode sama tahun lalu.

Sumatera Barat dan Lampung menyusul di urutan selanjutnya, masing-masing sebesar 5,16 persen. Riau menjadi provinsi dengan pertumbuhan terendah PDRB-nya di Sumatera, yakni sebesar 2,74 persen dari periode sama tahun lalu.

Lalu bagaimana dengan pertumbuhan ekonomi di Kepri? Mengutip data itu, dari 10 provinsi di Sumatera, Kepri berada di urutan 6, di bawah Bengkulu dan di atas Jambi. Dengan pertumbuhan sebesar 4,89 persen.

Secara nasional, PDRB di Sumatera berkontribusi 0,95 persen terhadap total PDB nasional. Pulau Jawa bertumbuh paling tinggi secara nasional, sebesar 5,56 persen, dengan andil ke PDB nasional sebesar 3,27 persen. (*)

Bagikan