Mon. Apr 22nd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Pengangguran Agustus 2019: Kepri Urutan Empat Terbanyak di Tanah Air

1 min read

hingga agustus 2019 jumlah pengangguran terbuka di kepri terbanyak ke-4 di tanah air/foto via gonews.co

Pengangguran Agustus 2019: Kepri Urutan Empat Terbanyak di Tanah Air

angkaberita.id – Banten tercatat sebagai provinsi dengan tingkat pengangguran tertinggi di tanah air. Bahkan, tingkat penganggurannya di atas rata-rata nasional sebesar 5,28 persen, Banten sebesar 8,11 persen.

Provinsi Bali, seperti diungkapkan Kepala BPS Suhariyanto, paling rendah penganggurannya. “Sampai Agustus, pengangguran tertinggi ada di Provinsi Banten,” kata Suhariyanto di Gedung BPS, seperti dilansir CNBC Indonesia, Selasa (5/11/2019).

Selain Banten, di Jawa terdapat dua provinsi dengan pengangguran tertinggi, per Agustus 2019, yakni Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta, masing-masing di peringkat kedua dan ketujuh.

Tujuh dari 10 provinsi lainnya dengan pengangguran tertinggi di tanah air tersebar di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua dan Sumatera. Kepri menjadi pemuncak di Sumatera, dengan tingkat pengangguran sebesar 6,91 persen.

Provinsi Aceh dan Riau menyusul di urutan selanjutnya, masing-masing sebesar 6,20 persen dan 5,97 persen, sekaligus menempatkan ketiganya di urutan ke-4, ke-8 dan 10 besar provinsi dengan pengangguran tertinggi di tanah air.

Berdasarkan penjelasan Kepala BPS, berdasarkan jenis kelamin, tingkat pengangguran laki-laki lebih tinggi dibanding perempuan, yakni 5,31 persen berbanding 5,23 persen secara nasional,

meskipun dibanding periode sama tahun lalu, sama-sama turun, masing-masing, 0,09 persen dan 0.03 persen. Segi usia, kelompok usia 15-24 tahun paling banyak jumlah penganggurannya, sebesar 18,62 persen. (*)

Bagikan