Sat. Apr 13th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Dapat Nilai Positif Dunia Kerja, Lima Kampus Tanah Air Buntuti MIT: Ada Undip!

2 min read

lima universitas di tanah air mendapatkan nilai positif dari dunia kerja berdasarkan laporan terbaru Graduate Employability Ranking 2020, termasuk universitas diponegoro (undip)/foto via kumparan.com

Dapat Nilai Positif Dunia Kerja, Lima Kampus Tanah Air Buntuti MIT: Ada Undip!

angkaberita.id – Kampus Massachussets Institute of Technology (MIT) tak hanya identik dengan Nobel, terbaru Nobel Ekonomi, namun kampus di Amerika Serikat itu, juga harum namanya di dunia kerja. Bahkan, lulusan MIT disebut klop dengan kebutuhan dunia kerja.

Dalam laporan bertajuk Graduate Employability Ranking 2020 alias peringkat universitas dengan lulusan kerja terbaik di dunia, MIT menjadi pemuncak daftar. Disebut, MIT sebagai universitas dengan lulusan kerja terbaik di dunia kerja, skornya 100.

Indikatornya, seperti ditulis Katadata, MIT unggul dari hasil lulusan dan penilaian dunia usaha dengan skor sempurna, 100. Kolaborasi dengan dunia usia skornya 99,4, praktisi industri di kampus skornya 96,4, dan terakhir, perolehan pekerjaan alias cepat kerja skornya 87,1.

Dari 10 besar, lima di antaranya kampus di Amerika Serikat. Selain MIT, ada Universitas Harvard, UCLA, Universitas Stanford dan Universitas California. Lima lainnya tersebar merata ke sekujur benua. Di Asia ada Tsinghua University dan Universitas Hongkong.

Benua Pasifik diwakili Australia, dengan Universitas Sidney dan Universitas Melbourne. Benua Eropa mengirimkan Universitas Cambridge di Inggris sebagai kampus dengan lulusan cepat terserap di dunia kerja.

Kampus di tanah air juga masuk di dalam daftar ini di antaranya Institut Teknologi Bandung (ITB). Kemudian Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Gajah Mada (UGM), dan Universitas Indonesia (UI).

Kelimanya berada di ranking 301-500. Tahun 2017, UI dan ITB sempat tembus di peringkat 201, sebelum dua tahun terakhir menurun lagi peringkatnya. (*)

Bagikan