Tue. Apr 23rd, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Genjot Sinergi PNS di Kemenkeu, Menteri Sri Ubah Cara Makan Siang Pegawai

1 min read

menteri keuangan sri mulyani menugaskan sekjen dan irjen kemenkeu mengubah kebiasan makan siang pns di lingkungannya/foto via infobanknews.com

Genjot Sinergi PNS di Kemenkeu, Menteri Sri Ubah Cara Makan Siang Pegawai

angkaberita.id – Makan siang bersama orang berbeda setiap hari agaknya menjadi jalan masuk bersinergi di Kementerian Keuangan RI. Setidaknya itulah keyakinan Menkeu Sri Mulyani dalam membenahi sinergi PNS di kementeriannya.

Bahkan, Sri memerintahkan langsung Sekjen dan Irjen Kemenkeu memantau kebijakan tak tertulis ini. Pemicu Menkeu menerapkan konvensi itu lantaran banyak pegawai di Kemenkeu RI cenderung makan siang bersama dengan itu-itu saja, alias tidak membaur dengan pegawai lainnya.

Katanya, “Karena saya tahu karyawan di sini hanya mau kumpul dengan teman yang satu sekolah, satu kampung atau satu angkatan.” Sri menginstruksikan setiap hari pegawai harus makan siang dengan orang berbeda.

“Makan siang harus sama dengan orang yang berbeda, yang anda tidak kenal. Itu instruksi saya. Saya minta Bu Irjen untuk mengawasi,” kata Sri saat pidato penutupan Festival Transformasi di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Selasa (29/10/2019), seperti ditulis CNBC Indonesia.

Tak hanya itu, Menteri Sri juga meminta seluruh ruang kerja di Kemenkeu tidak disekat-sekat dan berbentuk kubikel. Dokumen di meja kerja katanya, ditaruh di satu loker. Pegawai kata Sri, harus mengubah kebiasan menggunakan kertas dan hard copy saat rapat internal.

“Ini harus dilakukan untuk menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan. Kalau space bisa lebih efisien, harus kita lakukan,” ujarnya. Sembari berseloroh, Sri berkata: “Kalau saya bercanda, ini bercanda yang serius.” (*)

Bagikan