Sat. Jul 27th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Ekonomi Digital: Beijing Kota Terbanyak Unicorn, Jakarta Imbangi Paris

1 min read

beijing menjadi kota dengan unicorn terbanyak di dunia, jakarta bersaing dengan paris di prancis sebanyak 4 unicorn/foto via livemint.com

Ekonomi Digital: Beijing Kota Terbanyak Unicorn, Jakarta Imbangi Paris

angkaberita.id – Jakarta bersaing dengan Paris di Prancis dan Chicago di Amerika Serikat, dengan jumlah unicorn sama banyak, yakni 4 perusahaan start up. Sedangkan Beijing memimpin sebagai kota dengan unicorn terbanyak di dunia, yakni 82 start up.

Seperti ditulis Katadata mengutip data Hurun Research Institute per 21 Oktober 2019, terdapat 494 unicorn di sekujur bumi. Khusus unicorn alias perusahaan rintisan dengan valuasi setara 1 miliar dolar Amerika alias Rp 14 triliun terdapar di 118 kota di 24 negara sedunia.

Empat unicorn di Jakarta, tulis Katadata, belum termasuk OVO dengan valuasi terakhir 2,9 miliar dolar Amerika. Menempel Beijing di urutan kedua kota terbanyak unicorn ialah San Fransisco di Amerika Serikat sebanyak 55 unicorn.

Selanjutnya di urutan ketiga ialah Shanghai sebanyak 47 unicorn.
Di urutan ke-4 dan lima besar, ialah New York dan Hangzhou, masing-masing, 25 dan 19.

Perusahan rintisan bidang e-commerce paling banyak jumlah unicorn di dunia, sebanyak 68. Kemudian bidang teknologi keuangan (fintech) sebanyak 56 start up.

Selanjutnya perusahaan penyedia jasa penyimpanan awan (clouding) sebanyak 44 unicorn, dan pengembang kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) sebanyak 40 perusahaan. (*)

Bagikan