Sat. Apr 13th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

demi memikat investasi mengalir ke dalam negeri, pemerintahan jokowi berniat memangkas eselon di birokrasi sehingga tidak panjang rantai rezim perizinan investasi/foto fajar.co.id

Demi Investasi Jokowi Pangkas Eselon Birokrasi, Berapa Pejabat Terlempar?

angkaberita.id – Demi mengefektifkan pelayanan publik sekaligus mengefisienkan birokrasi agar investasi berbondong-bondong, Presiden Jokowi berencana memangkas struktur eselon birokrasi, termasuk PNS di dalamnya menjadi dua lapis saja.

Dari empat eselon saat ini, yakni eselon I-IV, Jokowi hendak memangkasnya hanya menjadi dua eselon saja. Sehingga rentang kendali dan rantai birokrasinya memendek. Lalu berapakah jumlah PNS di eselon yang ada sekarang?

Seperti ditulis Katadata mengutip riset Bank Dunia, pada tahun 2018 di negeri ini terdapat 286 pejabat eselon I, kemudian 9,4 ribu pejabat eselon II. Pejabat eselon III dan IV tak kalah sedikit, masing-masing sebanyak III 52,1 ribu orang, dan 186,1 ribu orang.

Pemerintahan Jokowi lima tahun ke depan agaknya akan fokus mendatangkan investasi demi menambal defisit neraca transaksi berjalan sekaligus sekaligus menekan pengeluaran. Prinsipnya miskin struktur kaya fungsi.

Pemerintahan Jokowi juga ingin menjadikan birokrasi bagian penting dari rencananya ke depan seperti uraian dalam pidato pelantikannya sebagai presiden periode 2019-2024 di DPR, Minggu (20/10/2019). (*)

Bagikan