Thu. Apr 25th, 2024

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Kenapa Pasien Tanah Air Suka Hidupi Rumah Sakit di Korea Selatan?

1 min read

setiap tahunnya orang di tanah air habiskan uang 100 triliun beribat ke rumah sakit di luar negeri, termsuk korea selatan. di negeri gingseng ini bahkan jumlah pasien dari indonesia tercatat terbesar ke-10 secara nasional di sana/foto kompas.com via intisari.grid.id

Kenapa Pasien Tanah Air Suka Hidupi Rumah Sakit di Korea Selatan?

angkaberita.id – Berdalih tetirah (medical tourism), tak sedikit pasien di tanah air berobat ke luar negeri. Laporan perusahaan asuransi seperti dikutip detik.com, beberapa waktu lalu, bahkan menulis, setiap tahunnya orang di tanah air menghabiskan Rp 100 triliun berobat ke luar negeri.

Selain ke Singapura, Malaysia, Thailand dan China, ternyata banyak juga pasien di tanah air berobat ke Korea Selatan. Di sini, seperti ditulis Korea Herald mengutip laporan Yonhap kantor berita Korea Selatan, jumlahnya menduduki 10 besar di Negeri Gingseng itu.

Berobat di luar negeri disebut lebih murah, benarkah? Jumlah warga asing berobat ke Korea Selatan naik 18 persen tahun lalu. Dalam laporannya ke DPR Korea Selatan, Institut Pengembangan Industri Kesehatan Korea menulis, sepanjang 2018 terdapat 378.900 warga asing berobat ke Korea Selatan, meningkat dibanding posisi tahun 2017 sebanyak 321.500.

Warga negara Jepang terbanyak berobat ke Korea Selatan, yakni 42.500 orang, meningkat 56 persen dibanding jumlah tahun 2017 sebanyak 27.300 pasien. Namun pasien terbanyak di rumah sakit Korea Selatan berasal dari China. Sedangkan warga negara Indonesia berobat ke Korea Selatan berada di urutan 10 besar, sebanyak 3.270 pasien. (*)

Bagikan