Mon. Oct 25th, 2021

angkaberita.id

Situs Berita Generasi Bahagia

Bahasa di Dunia: Benua Asia Terbanyak, Indonesia Dua Besar Dunia

1 min read

jumlah bahasa percakapan di tanah air terbanyak kedua di dunia setelah papua nugini. benua asia daratan paling banyak jumlah bahasa kesehariannya/foto via canstockphoto.com

Bahasa di Dunia, Benua Asia Terbanyak, Indonesia Dua Besar Dunia

angkaberita.id – Diyakini seluruh penduduk dunia berbicara dalam 7.000 ribu lebih bahasa sebagai komunikasi sesama mereka. Penduduk di benua Asia paling banyak bahasa pengantar percakapannya, yakni sebanyak 2294 bahasa.

Penduduk benua Afrika menempel di urutan kedua terbanyak di dunia, dengan 2.144 bahasa masih dipakai sebagai sarana komunikasi penduduk.

Sedangkan penduduk di kawasan Pasifik berada di urutan ketiga, dengan bahasa masih dipakai sebagai percakapan keseharian, sebanyak 1.313 bahasa.

Kemudian penduduk di kawasan Amerika menyusul selanjutnya, sebanyak 1.061 bahasa. Penduduk benua Eropa terbilang sedikit bahasa percakapannya, sebanyak 287 bahasa.

Seperti dilaporkan Statista mengutip data situs Ethnologue, Papua Nugini negara paling banyak koleksi bahasanya. Yakni, sebanyak 840 bahasa. Jumlah ini bahkan hampir tiga kali lipat bahasa penutur di benua Eropa.

Bahasa penutur (living language) menyaratkan setidaknya memiliki seorang penutur sebagai bahasa pertamanya. Setelah Papua Nugini, berdasarkan data Ethnologue, bahasa percakapan di tanah air paling banyak kedua di dunia.

Dengan jumlah bahasa penutur 710 bahasa. Kemudian Nigeria sebanyak 524 bahasa. India dan Amerika Serikat berada di urutan ke-4 dan ke-5, masing-masing, sebanyak 453 dan 335 bahasa.

(*)

Bagikan